Anjuran Rasulullah Ketika Melihat Orang Mencari Barang Hilang di Masjid - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

12 Januari 2019

Anjuran Rasulullah Ketika Melihat Orang Mencari Barang Hilang di Masjid


Penulis: Moh. Syahri

Tak jarang mendengar atau melihat jamaah masjid kehilangan barang di masjid. Baik itu berupa kunci motor, sandal dan lain-lain. Dan peristiwa ini riil terjadi di beberapa masjid, lebih-lebih masjid perkotaan yang populasi jamaahnya sangat banyak.
Peristiwa kehilangan barang di masjid juga pernah terjadi pada masa Rasullah SAW. Dan peristiwa ini bukan sesuatu yang baru. Maka doa yang diajarkan Rasulullah ketika melihat orang mencari barang hilang di masjid adalah:

لاَرَدَّهَا اللهُ عَلَيْكَ

“Mudah-mudahan Allah tidak mengembalikan barang yang hilang kepadamu”

Baca juga: Kisah Anak Menggendong Ibunya yang Mendapatkan Kubah Mutiara

Tentu doa ini tidak bermaksud dzolim kepada orang lain dan Rasulullah tidak mungkin mengajarkan doa ini jika tidak ada maksud yang baik. Masjid dibangun dengan tujuan sebagai tempat untuk mendekatkan diri keapada Allah bukan tempat pecarian barang hilang.
Sebagaimana sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قالَ مَنْ سَمِعَ رَجُلاً يَنْشُدُ ضَالَةً فِى الْمَسْجِدِ فَلْيَقُلْ لاَرَدَّهَا اللهُ عَلَيْكَ فَإِنَّ الْمَسِاجِدَ لَمْ تُبْنَ لِهَذَا

Dari Abu Hurairah bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang mendengar (redaksi lain: melihat) maka berdoalah kamu “Mudah-mudahan Allah tidak mengembalikan barang yang hilang kepadamu”

Namun, yang perlu diperhatikan dalam mengucapkan doa ini, dan juga termasuk etikanya adalah tidak boleh mengucapkan doa ini dengan keras atau nyaring, cukup dilafazkan dalam hati. Karena jika diucapkan dengan keras maka jelas akan menyakiti perasaan orang yang mencari itu. Sedangkan mengganggu dan menyakiti perasaan orang lain adalah bukan ajaran Islam.


Wallahu a’lam

Sumber Foto: CeramahMotivasi

Baca juga: Masjid Serasa Rumah Sendiri, Kebiasaan Tidur Ngorok Saat Khotbah Berlangsung