Perkembangan Teknologi Seharusnya Membuat Pendidikan Lebih Berkualitas - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Rabu, Januari 23, 2019

Perkembangan Teknologi Seharusnya Membuat Pendidikan Lebih Berkualitas

ilustrasi bulan buatan China
Jika kita membahas perkembangan dunia, mengapa kita terlau sering  merujuknya pada kecanggihan dalam teknologi sajaBukannya apa? karena hal ini dapat menunjukkan sebuah tanda bahwa sebetulnya kita selalu mengasumsikan perkembangan dunia hanya ada pada sektor teknologi saja. Atau bisa jadi hal ini merupakan dampak dari jarangnya masyarakat umum untuk mencari tahu perkembangan selain teknologi. Perkembangan pendidikan, misalnya. Sudahkah pendidikan manusia berkembang kearah yang lebih baik?
Kita tahu bahwa teknologi begitu cepatnya berkembang, China sudah mampu menciptakan replika bulan yang mampu bersinar layaknya rembulan asli. Bahkan setelah adanya revolusi industri 4.0 ini, konon manusia akan semakin dimudahkan, atau mungkin dipersulit dengan adanya sebuah trobosan kecerdasan virtual. Dimana sebuah perangkat mampu memprediksi atau menghitung kemungkinan resiko yang terjadi dan lain-lain berdasarkan banyaknya data yang dimiliki oleh perengkat tersebut. Dengan demikian Semakin banyak data yang dimiliki oleh perangkat itu, maka perhitungan yang dilakukan oleh perangkat itu semakin akurat.
Sebagai contoh, seandainya sebuah mobil sudah memiliki kecerdasan itu. Maka kemungkinan yang ada adalah demikian. Ketika saya akan pergi ke kota Surabaya dari Malang. Maka secara otomatis mobil akan mencari data tentang  jarak tempuh, sisa bahan bakar yang ada, kecepatan rata-rata ketika berjalan dan bom! Mobil itu akan tahu perkiraan akan tiba di Surabaya. Semakin banyak data semakin akurat hasil prediksi mobil saya itu. Semisal mobil saya dapat dihubungkan ke internet sehingga dia mampu mencari informasi secara otomatis tentang kemacetan, cuaca, situasi serta kondisi-kondisi lainya. Sudah kebayang kan?

Baca juga: Menyoal Orientasi Pendidikan di Perguruan Tinggi

Dari sini saja kita dapat membuktikan bahwa di masa depan, manusia dengan kemampuannya untuk berpikir dan mencipta sungguh luar biasa. Ketika dulu kita berusia 8 tahunan kita membayangkan seandainya kita memiliki sebuah Handphone yang memiliki layar sentuh. Sekarang kita menggenggam apa yang dulu menjadi bayangan. Bagaimana seandainya di masa depan manusia mampu mengatur rotasi bumi, manusia menemukan serum keabadian. Hal ini bisa saja terjadi dan tidak boleh menghindar karena perubahan yang demikian adanya itu merupaka sebuah kewajaran.
Maka dari sini, perkembangan yang selama ini kita rasakan, seharusnya tidak menjadi sebuah kepincangan dengan tidak berkembangnya dunia pendidikan. Pendidikan yang saya maksudkan adalah sebuah pendidikan yang lebih mengarah pada nilai-nilai kemanusiaan. Pendidikan moral, pendidikan jiwa, pendidikan kebijaksanaan.
Sebab penulis beranggapan bahwa perkembangan teknologi jika tidak diimbangi dengan perkembangan pendidikan hanya akan menjadikan sebuah kepincangan yang sangat rawan bagi berlangsungnya kehidupan dunia.
Fumber Foto : Radar Sukabumi