Fakta: Kirim Doa Kepada Ahli Kubur Tidak Akan Sampai - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Jumat, Maret 29, 2019

Fakta: Kirim Doa Kepada Ahli Kubur Tidak Akan Sampai

youtube

Penulis: Shuniyya Ruhama
(Pengajar PPTQ Al Istiqomah Weleri-Kendal Murid Mbah Wali Gus Dur)

Atorcator.Com - Dalam sebuah Diskusi Kebangsaan di UIN Walisongo Semarang, ada peserta yang bertanya:

“Mengapa orang NU mengirimkan doa dan hadiah pahala kepada orang yang sudah meninggal? Bukankah doa dan hadiah pahala tidak akan sampai kepada orang yang sudah mati?”

Saya jawab:

Mengapa orang NU mengirimkan doa dan hadiah pahala bagi ahli kubur? Karena orang NU yakin bahwa nenek moyangnya adalah Kanjeng Nabi Adam AS sehingga diyakini pula doa dan hadiah pahala pasti sampai biidznillah, berdasarkan dalil dari Al Quran maupun Al Hadits.

Namun, orang yang mengatakan bahwa doa dan hadiah pahala tidak sampai kepada mayat, itu juga tidak bisa disalahkan. Karena menurut Teori Darwin, nenek moyang manusia itu berasal dari Kera. Dan tidak ada satu dalilpun dalam Al Quran maupun Al Hadits yang menjelaskan bahwa doa dan hadiah pahala bisa sampai kepada Kera beserta keturunannya yang sudah meninggal.


Jadi, jika ada yang ngamuk-ngamuk dan menolak sampainya doa dan hadiah pahala kepada ahli kubur, kita tidak perlu marah. Cukup kita tersenyum dan mengiyakan saja, tidak perlu didebat lagi.

Kagem seluruh ahli kubur kita, mulai kedua orang tua yang sudah wafat hingga Kanjeng Nabi Adam AS semoga diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di tempat termulia di sisiNya... Al Fatihah...