Panggung Politik Menggeser Peran Ustaz - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

17 Maret 2019

Panggung Politik Menggeser Peran Ustaz


Penulis: Ahmad Sarwat

Atorcator.Com - Ke depan nanti saya mau usul bagaimana kalau profesi guru ngaji, guru agama dan ustaz itu dibikin kayak polisi atau tentara saja. Bekerja sepenuhnya untuk kepentingan bangsa, pada masing-masing agamanya. Tapi tidak punya hak pilih. Tidak perlu kampanye atau dukung-dukung calon pejabat dan penguasa.

Sebab kalau kayak sekarang ini, para ustaz mengganti kurikulum pengajian dan silabus jadi ajang kampanye murahan, bawa-bawa ayat untuk dukung sana hajar sini, oengajian jadi runyam.

Bukannya berbagi ilmu tapi malah mengerahkan jamaahnya untuk pilih tertentu. Untung kalau jamaahnya sejalan. Gimana kalau jamaahnya majemuk, multi pilihan politik. Maka ribut doang isi pengajiannya.

Ustaz itu seharusnya adalah pihak yang berdiri di tengah, kayak polisi atau tentara itu. Bayangkan kalau polisi kok malah ikut kampanye, runyam jadinya.

Misalnya polisi boleh kampanye dukung salah satu paslon, maka kalau lagi ditilang, tinggal pakai kaos bergambar paslon tertentu sesuai pilihan polisi, lalu bebas melanggar semua aturan lalu lintas.

Baca juga: Menyoal Keustazan Sugi Nur dalam Mengartikulasikan Agama

Maling yang nyolong di malam hari, cukup pakai kaos paslon yang didukung polisi, aman dan lolos dari kantor polisi. Silahkan nyolong kapan saja dimana saja. Toh sudah ada dekinganya.

Kalau ustadz ikut kampanye, jelas para pelaku dosa jadi senang. Asalkan pilihan politiknya sama dengan pak Ustaz, semua yang haram bisa jadi halal semua. Sudah terbukti di lapangan. Lihat bagaimana mencaci maki jadi halal. Dusta dan hoaks jadi halal. Ngibuli jadi halal. Yang penting punya pilihan yang sama dengan pak Ustaz.
Payah . . .