Rasulullah Mengingatkan, Betapa Penting dan Utama Menempati Shaf Pertama Dalam Shalat - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

28 Maret 2019

Rasulullah Mengingatkan, Betapa Penting dan Utama Menempati Shaf Pertama Dalam Shalat


Penulis: Moh. Syahri

Atorcator.Com - Jamak kita ketahui bahwasanya shaf pertama di dalam shalat memiliki keutamaan yang luar biasa daripada shaf yang berikutnya. Dalam hal ini, Rasulullah selalu mewanti-wanti, disampaikan oleh Rasulullah dalam sabdanya:

عن جابر بن سمرة رضي الله عنه، قال: خرج علينا رسول الله صلى الله عليه فقال: ألا تصفوا كما تصف الملا ئكة عند ربها، فقلنا: يا رسول الله، كيف تصف الملا ئكة عند ربها؟ قال: يتمون الصفوف الا ول، ويتراصون فى الصف، رواه مسلم

"Dari Jabir bin Samuroh Ra berkata: Rasulullah Saw mendatangi kami lalu kemudian Rasulullah bersabda sekaligus meng ingatkan kami: ingat, berbarislah kamu sebagaimana barisan para malaikat di hadapan Allah SWT, kemudian kami bertanya: wahai Rasulullah bagaimana barisan para malaikat di hadapan Allah? Rasulullah menjawab: mereka terlebih dahulu menempati dan menyempurnakan barisan-barisan pertama, dan mereka juga merekatkan barisan-barisan itu"


Namun dibalik keutamaan tersebut pastinya harus memperhatikan seberapa lurus shaf jamaah yang yang sudah berbaris. Seperti sabda Rasulullah Saw:



 عن أنس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: سوواصفوفكم، فإن تسوية الصف من تمام الصلاة، متفق عليه


"Anas Ra berkata: bahwasanya Rasulullah Saw bersabda: "luruskanlah shafmu karena sesungguhnya shaf yang lurus termasuk dari menyempurnakan shalat"

Keutamaan ini, memang sesuatu tidak bisa diperhitungkan dalam hitungan matematis. Akan tetapi, perlu untuk kita ketahui bahwasanya Rasulullah tidak pernah berbohong dalam setiap perkataan dan perbuatannya.

Secara logika, tak bisa kita pungkiri bahwasanya setiap manusia pasti menyukai dan menginginkan kerapian dan keindahan. Indah dalam perasaan dan rapi dalam pandangan. Maka shaf yang lurus dan rapi sesuatu yang sangat indah dipandang dan dirasakan.