Andaikan Jokowi Tidak Menggandeng Ma'ruf Amin - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

19 April 2019

Andaikan Jokowi Tidak Menggandeng Ma'ruf Amin

 
suara
Penulis: Amin Mudzakkir

Atorcator.Com - Andaikan tidak menggandeng Ma'ruf Amin, saya cukup yakin Jokowi akan kalah. Serangan hoaks terhadapnya sungguh luar biasa. Terutama di daerah di mana NU dan orang Jawa abangan kurang kuat, fitnah tersebut merajalela.

Untungnya ada NU dan orang Jawa abangan. Keduanya cukup kebal dari serangan hoaks terhadap Jokowi yang sangat tidak masuk akal. Kekuatan batin mereka terbukti jauh lebih berdaya daripada akal dungu sebagian kalangan terpelajar.

Khususnya di kalangan NU, rasanya tidak ada kekompakan yang melebihi kekompakan pada hari ini. Pada pemilu 2019 sekarang mereka bersatu padu melawan agresi politik Wahabi yang selama ini telah menghinakan para kyai. Hal ini tidak terjadi pada pemilu sebelumnya, termasuk pada 2014.

Demikian pula orang Jawa abangan. Meski populasi mereka merosot tajam, militansi politiknya jangan diremehkan. Sama seperti kalangan NU, mereka tidak suka dengan perkembangan Islam kearab-araban yang semakin mengkhawatirkan.


Dua arus masyarakat Indonesia tersebut termanifestasikan pada sosok Jokowi-Ma'ruf Amin. Keduanya mewakili koalisi nasionalis abangan dan santri tradisionalis yang abadi dalam politik Indonesia. Demikianlah sejarah telah mengajarkan ada banyak hal yang tidak berubah, bahwa ternyata masyarakat kita berjalan di sini-sini saja.