Hal-Hal yang Harus Dilakukan Laki-Laki dan Perempuan Sebelum Menikah - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Kamis, April 04, 2019

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Laki-Laki dan Perempuan Sebelum Menikah

okezone

Penulis: Kanthongumor


Atorcator.Com - Semoga "engkau" dijaga oleh Allah untukku. Begitu juga diri ini dan kalian semua.

قل للمؤمنين يغضوا من أبصارهم ويحفظوا فروجهم

Di sini ada perintah kepada laki-laki untuk memejamkan mata dan menjaga kemaluan. Laki-laki harus melakukan ini terlebih dahulu, karena ia adalah pemimpin bagi istrinya.

Kemudian Allah memerintahkan kepada perempuan untuk melakukan hal yang sama yaitu menjaga mata dan kemaluannya.

وقل للمؤمنات يغضضن من أبصارهن ويحفظن فروجهن...

 

Karena perempuan adalah permata paling indah, maka penjagaan terhadapnya pun harus lebih diperhatikan. Permata itu harus disimpan dan tidak diperlihatkan kecuali untuk kalangan tertentu saja.

ولا يبدين زينتهن إلا ما ظهر منها وليضربن بخمرهن على جيوبهن ....

Akan tetapi manusia kadang melakukan suatu kekurangan-kekurangan, maka disinilah diperlukan suatu taubat kembali kepada kesucian...

وتوبوا إلى الله جميعا أيها المؤمنون لعلكم تفلحون.

Setelah ayat-ayat tersebut, baru ada bahasan tentang pernikahan.

وأنكحوا الأيامى منكم والصالحين من عبادكم وإمائكم

Melihat urutan tersebut, kita mendapatkan pelajaran agar calon pengantin hendaknya bertaubat dari segala kesalahan yang mungkin terjadi sebelum akad nikah. Hal itu agar keduanya sudah suci dari dosa-dosa yang menempel.

التائب من الذنب كمن لا ذنب له

Bila pernikahan dalam keadaan yang begitu suci, maka harapan kesalehan anak pun menjadi besar.

Setelah menikah, laki-laki yang sebelumnya hanya memikirkan satu mulut, maka ia mulai memikirkan nafakah untuk dua mulut. Dan hal inilah yang sedikit banyak bergelantungan dalam fikirannya. Maka perlu ada suatu pendorong untuk menghilangkan rasa cemas tentang Rizki.

إن يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله.

Bila yang laki-laki sholeh dan yang wanita shalihah, maka setelah melihat janji Allah dalam ayat itu, mereka akan teguh.

Kemudian setelah itu, akan tampaklah beberapa bantuan dari Allah yang diberikan kepada mereka. Pengetahuan dan pengalaman akan tampak terlihat setelah menikah.

Lihat ayat setelahnya

ولقد أنزلنا إليكم آيات مبينات ومثلا من الذين خلوا من قبلكم وموعظة للمتقين.

Setelah menikah maka separoh agamanya telah sempurna, ia tinggal menyempurnakan separuh yang lain. Hubungan dengan ALLOH akan lebih erat.

الله نور السموات والأرض... مثل نوره كمشكاة فيها مصباح المصباح في زجاجة الزجاجة كأنها كوكب دري يوقد من شجرة مباركة زيتونة لا شرقية ولا غربية يكاد يضيئ زيتها ولو لم تمسسه نار نور على نور يهدي الله لنوره من يشاء....

Karena itu, secara umum kewalian seorang Wali akan diberikan setelah itu. Wali akan sangat banyak ingat kepada Allah, walaupun terkadang masih mengurusi urusan dunia.

في بيوت أذن الله أن ترفع ويذكر فيها اسمه يسبح له فيها بالغدو والآصال رجال لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة يخافون يوما تتقلب فيه القلوب والأبصار.

Ia tetap berjualan dan berdagang untuk menafkahi keluarga, tetapi hal itu tidak melupakan hubungannya dengan Sang Kholiq.

Karena ia sudah melakukan semua hal di atas dari sebelum menikah sampai setelah menikah, maka ia mulai mendapatkan balasan pahala dan Rizki yang tidak disangka-sangka.

والله يرزق من يشاء بغير حساب...


Tulisan ini saya tuliskan sebagai pengingat diri kita...Aku dan "kamu"...Wis ojo baper...




Baca juga