Keutamaan Puasa Daud - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

23 April 2019

Keutamaan Puasa Daud

NU-online

Penulis: Shunniya Ruhama
(Pengajar PPTQ Al Istiqomah Weleri-Kendal Murid Mbah Wali Gus Dur)

Tanya: Assalamu’alaikum, wr. wb. Mohon Tanya Bu…..
Atorcator.Com - Seumpama, sering puasa senin dan kamis, tapi mencoba puasa daud.. puasa daud kan sehari puasa sehari tidak, begitu dengan seterusnya.

Pertanyaannya: kalau kita lagi puasa daud kebetulan itu hari ahad, otomatis hari senin nggak puasa kan selasa baru puasa lagi. nah itu hitungannya gimana, apakah puasa sunnah hari senin tetap dapat? 

Yang ke 2, ketika kita puasa daud kebetulan itu berpapasan dengan puasa hari putih 3 hari (ayyamul bidh) itu bagaimana?

Jawab : Wa'alaikumsalam wr. wb.

Pertama, (mengamalkan) puasa (sunnah) itu cukup satu (jenis) saja yang penting istiqomah. Kalau sudah puasa Nabi Daud tidak perlu puasa Senin-Kamis. Jadi, kita tidak bingung. Toh sama-sama sunnahnya. Dan Puasa Nabi Daud disifati sebagai salah satu puasa sunah terbaik bagi umat Kanjeng Nabi Muhammad SAW...

Kedua, secara umum keutamaan puasa sunnah adalah meningkatkan kualitas "roso" yang dalam hati kita, terutama kesholihan sosial dan kesholihan relijius..... Puasa sunnah juga bisa menjadi pelengkap bagi amal wajib kita... Bisa menjadi tameng dari perbuatan godaan syetan dalam hal syahwat dan amarah, juga bisa membuat kita menjadi lebih "adem"

Ketiga, puasa adalah salah satu Obat Hati bagi manusia. Puasa merupakan salah satu alat komunikasi langsung dengan Gusti Allah. Semua ibadah ada Malaikat pencatatnya. Tapi puasa itu yang mencatat langsung dari Gusti Allah... Karena itu, doa mengapa doa ahli puasa sunnah lebih mustajab

Keempat, secara khusus, Puasa Nabi Daud merupakan salah satu wasilah untuk memiliki kualitas fisik yang lebih kuat daripada umumnya orang... lebih kuat maupun lebih awet muda, membuat metabolisme (sistem tubuh) menjadi lebih sempurna, dan juga mempercepat proses regenerasi sel-sel. Tapi ini "hanya" bonus saja, jangan dijadikan tujuan utama.