Kenapa Hanya Hijab, Poligini, atau Jenggot Saja yang Diomongin? - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

06 Mei 2019

Kenapa Hanya Hijab, Poligini, atau Jenggot Saja yang Diomongin?

 
Hijab
Penulis: Sumanto Al Qurtuby

Atorcator.Com - Jika kita bertanya kepada kelompok hijaber/jilbaber, poliginier, atau jenggoter tentang kenapa mereka berhijab, berpoligini, atau berjenggot, jawaban mereka pasti kompak sama: karena hal itu diperintahkan oleh Allah dan Nabi Muhammad, dipraktikkan oleh Nabi jadi dalam rangka "nyunah rasul", atau karena ada dalil/ayatnya?

Yang membuat saya bertanya-tanya adalah: kenapa para hijaber/jilbaber, poliginier, atau kaum jenggoter tadi sama sekali tidak tertarik dan tergerak hatinya untuk mempraktikkan atau mengamalkan perintah-perintah Allah yang lain, ayat-ayat Al-Qur'an yang lain, praktik-praktik Nabi Muhammad yang lain? Kenapa? Kenapa?

Konon ada 6.666 ayat dalam Al-Qur'an (jujur saya belum pernah mengitung langsung secara manual) dan ada ratusan ribu Hadis (apalagi Hadis nggak pernah menghitung sama sekali) yang tersebar di berpuluh-puluh kitab hadis babon yang dikoleksi oleh para ulama Sunni, Shiah, Ibadi, dlsb.

Kenapa mereka berapi-api atau mulut mereka berbusa-busa kalau ngomong soal hijab, poligini, atau jenggot tapi tidak pada persoalan-persoalan lain?

Bukankah Al-Qur'an dan Nabi juga memerintahkan umatnya untuk membaca, menuntut ilmu, bertutur sapa yang baik, melindungi dan merawat alam jangan malah merusaknya, menjaga kebersihan, menghormati orang lain dan sesama mahluk, menghargai hak-hak dasar orang lain, bersikap bijak, berbuat fair dan adil, menghormati yang tua, menegakkan perdamaian, peduli dengan kemanusian, dlsb dlsb. Al-Qur'an dan Nabi juga melarang umatnya untuk saling mengfitnah, menyebar kebohongan, nyolong, dlsb.   

Kenapa semua itu diabaikan? Kenapa mereka, misalnya, tidak teriak-teriak lantang menyuarakan pentingnya menegakkan kemanusiaan dan toleransi keberagaman dan keberagamaan? Kenapa mereka tidak teriak lantang anti praktik nyolong dan nggarong? Kenapa mereka tak terusik sedikit pun menyuarakan pentingnya menjaga ekosistem dan lingkungan hidup? Meskipun semua itu banyak dalilnya.

Kira-kira kenapa Bang Haji? Kenapa hanya persoalan sehelai kain, sengencuk kawin, dan serambut jenggot saja yang dibahas dan dibesar-besarin Bang Haji? Kenapa eh kenapa?

Kira-kira kenapa Mas Slank? Ayo nyanyikan lagu "Balikin" supaya Islam (dan juga tanah rakyat) balik ke jalur yang benar