Keutamaan Berbuka Puasa Terlebih Dahulu Sebelum Shalat Maghrib - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

10 Mei 2019

Keutamaan Berbuka Puasa Terlebih Dahulu Sebelum Shalat Maghrib

dream
Penulis: Redaksi

Atorcator.Com - Menyegerakan membatalkan puasa ketika azan maghrib tiba merupakan perbuatan nabi, bahkan nabi membatalkan puasa terlebih dahulu daripada shalat maghrib. Setelah berbuka kemudian nabi melanjutkan shalat maghrib berjamaah.

Disebutkan dalam hadis qudsi riwayat Imam Tirmizi, dari Abu Hurairah:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : أَحَبُّ عِبَادِي إلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا
“Dari Nabi Saw, beliau bersabda, Allah berfirman, ‘Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.’”
Dari sini, kita bisa melihat dan memahami bahwasanya menyegerakan buka puasa lebih baik dan utama daripada shalat maghrib. Yang perlu digaris bawahi adalah membatal itu bukan berarti sepuasnya dalam berbuka puasa, tetapi cukup hanya sekadar membatalkan saja tanpa harus berlebihan karena jika berlebihan akan mengurangi kekhusyukan shalat.
Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda; “Jika makanan malam telah dihidangkan, maka makanlah dulu sebelum salat Magrib dan jangan makan malam kalian di belakangkan”.