Ki Hajar Dewantara Itu Seorang Santri - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

02 Mei 2019

Ki Hajar Dewantara Itu Seorang Santri

Egrafis

Penulis: Shuniyyah Ruhama
(Pengajar PPTQ Al Istiqomah Weleri-Kendal Murid Mbah Wali Gus Dur)

Atorcator.Com - Dalam berbagai literatur yang marak dibaca, kita akan menjumpai tokoh pendidikan Nasional, yang hari kelahirannya diperingati sebagai Hardiknas, dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara. Peran beliau dalam memajukan pendidikan Indonesia sudah tidak mampu dinilai lagi dengan kalimat apapun.

Ya tanggal 2 Mei selalu saja diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Mengenang kebesaran salah satu putra terbaik bangsa ini, yang juga pernah diamanahi sebagai Menteri Pendidikan Indonesia pertama kali.

Sayangnya, hampir semua info yang kita terima, seakan menyebutkan bahwa beliau adalah seorang Nasionalis Sekuler yang agak sedikit Kejawen. Sehingga nama beliau tidak banyak dikenal di dunia santri. Padahal, sebenarnya Ki Hajar Dewantara, yang tatkala masih muda memiliki nama RM Suwardi Suryaningrat adalah santri dari seorang ulama bernama Kyai Sulaiman Zainudin Prambanan.

Di bawah asuhan Sang Kyai inilah Ki Hajar muda mengenal firman-firman Gusti Allah, merasuk dalam jiwa dan hatinya sehingga menjadi tenaga penggerak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Melalui jalan santri inilah, nasionalisme beliau dikobarkan. Bergerak melawan penjajah yang senantiasa menyengsarakan rakyat, membiarkan kebodohan merajalela.

Satu hal yang tidak boleh terlupa untuk generasi muda semua .. Tokoh Nasional yang sangat terkenal dengan ajaran pendidikannya: ... “Ing Ngarso Sung Tulodho... Ing Madyo Mangun Karso... Tut Wuri Handayani ”... ini terlahir dari tangan dingin seorang Kyai.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL
2 MEI 2019