Kitab Bughyatul Mustarsyidin Idola Kiai Suyuthi - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

18 Mei 2019

Kitab Bughyatul Mustarsyidin Idola Kiai Suyuthi

Ilustrasi foto (kitab Bughyatul Mustarsyidin)
 Penulis: Jamal Ma’mur Asmani

Atorcator.Com - Ramadan bagi santri-santri adalah bulan yang ditunggu-tunggu. Pada bulan ini, para santri bisa nyucup ilmu Kiai Suyuthi secara maksimal (nyegurah) setiap Hari. Dalam istilah santri, Ramadan adalah saat ngaji pasanan.

Banyak kitab yang dibaca Kiai Suyuthi, antara lain: Shahih Bukhari, Asybah Wan Nadhair, Fathul Wahhab Dan Bughyah Al Mustarsyidin.

Namun, kitab yang sering dibaca Dan menjadi idola Kiai Suyuthi adalah Bughyatul Mustarsyidin karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin Umar yang dikenal sebagai mufti ad Diyar Al Hadlramiyyah.

Hal ini menarik, mengapa Kiai Suyuthi suka membaca kitab ini?

Jika ditelusuri ada beberapa keistimewaan:

Pertama, kitab ini sering dipakai rujukan para Ulama Dan santri dalam forum Bahtsul Masail Diniyah.

Kiai Suyuthi adalah sosok yang serius mengkader santri-santrinya untuk aktif dalam forum Bahtsul Masail yang saat itu Ada di Margoyoso yang dipimpin KH Muhammadun Abdul Hadi APIK Kajen. Ketika Ada santri yang asalnya aktif kemudian jarang datang diingatkan Kiai Suyuthi supaya aktif kembali dalam forum Bahtsul Masail yang dulu tempatnya banyak di Masjid Kajen.

Kitab Bughyatul Mustarsyidin inilah yang digunakan dasar Muktamar NU di Banjarmasin 9 Juni 1936 M. -  19 Rabiul Awal 1355 H. yang memutuskan bahwa Indonesia adalah Negara Islam karena pernah dikuasai oleh umat Islam sebelum datang nonmuslim.

Ta'birnya:

كل محل قدر مسلم ساكن به علي الامتناع من الحربيين في زمن من الأزمان يصير دار إسلام تجري عليه أحكامه في ذلك الزمان وما بعده وان انقطع امتناع المسلمين باستيلاء الكفار عليهم ومنعهم من دخوله واخراجهم منه وحينئذ فتسميته دار حرب صورة لا حكما فعلم أن ارض بتاوي بل وغالب ارض جاوة دار إسلام لاستيلاء المسلمين عليها سابقا قبل الكفار بغية المسترشدين ص ٢٤٥

Kedua, Tidak seperti kitab fiqh lainnya yang langsung memulai dengan Bab Thaharah (Tata Cara bersuci), Sayyid Abdurrahman memulai kitab ini dengan Bab tentang keutamaan ilmu, baik mempelajari maupun mengajarkannya (فضيلة العلم تعلما وتعليما). Bab ini biasanya Ada pada kitab akhlak-tasawuf.

Pada Bab kedua, Sayyid Abdurrahman memberikan pondasi Penting dalam kajian fiqh sehingga menjadi moderat inklusif, yaitu Bab tentang ijtihad, ifta' Dan taqlid (الاجتهاد والافتاء والتقليد). Kajian ini biasanya Ada pada kitab-kitab Ushul Fiqh.

Dalam Bab ini dijelaskan hasil ijtihad yang terkadang memberatkan Dan terkadang meringankan. Jika orang merasa lemah, maka IA boleh mengambil yang ringan. Jika IA merasa kuat, maka IA mengambil pandangan yang berat. Inilah rahasia syariat Islam.

 Teksnya sebagai berikut:

فمن وجد في نفسه ضعفا أخذ بالتخفيف أو قوة فبالاشد وجميع احاديث الشريعة وما بني عليها من اقوال المجتهدين الي يوم الدين لا يخرج عن هذا فما ثم حكم يناقض حكما ابدا ولا يصادمه -- فمن تحقق به لم ير في الشريعة ولاقوال العلماء خلافا قط

Dalam kitab ini juga dijelaskan pendapat bolehnya  pengikut setia Imam Syafii  mengikuti madzhab lain atau pendapat dalam madzhab Imam Syafii yang tidak diunggulkan jika dalam kondisi darurat yaitu adanya masyaqqah (kesulitan) yang tidak biasa. Jika Tidak dalam kondisi darurat Tidak boleh mengikuti madzhab lain kecuali jika imam madzhab lain termasuk ahli tarjih (mampu mengunggulkan suatu dalil) Dan IA melihat dalil madzhab lain tersebut lebih unggul Dari dalil imamnya.

Teksnya:

يجوز تقليد ملتزم مذهب الشافعي غير مذهبه أو المرجوح فيه للضرورة أي المشقة التي لا تحتمل عادة
أما عند عدمها فيحرم إلا أن كان المقلد بالفتح اهلا للترجيح وراي المقلد رجحان دليله علي دليل أمامه

Ketiga, pada Bab sebelum akhir, kitab ini menjelaskan tentang argumentasi kebolehan tawassul kepada para Nabi Dan wali, baik ketika masih hidup atau sudah wafat.

Teksnya:

التوسل بالانبياء والاولياء في حياتهم وبعد وفاتهم مباح شرعا كما وردت به السنة الصحيحة

Argumentasi ini sangat Penting bagi para santri untuk menangkis kelompok Wahabi Dan golongan lain yang mengatakan tawassul ini sebagai aktivitas terlarang (بدعة مذمومة) yang tidak Ada dasarnya dalam Al Qur'an Dan as Sunnah.

Pemikiran Fiqh Kiai Suyuthi

Pemikiran Fiqh Kiai Suyuthi dikenal moderat Dan bahkan progresif pada zamannya. Salah satunya sangat dipengaruhi kitab Bughyatul Mustarsyidin yang menyediakan perangkat paradigma fiqh yang moderat Dan inklusif.

Beberapa pemikiran fiqh Kiai Suyuthi adalah:

Pertama, nikah sirri (nikah yang Tidak dicatat di KUA) hukumnya Tidak sah. Nikah sirri adalah perbuatan dosa yang menentang aturan pemerintah. Mematuhi pemerintah pada Hal yang tidak dilarang Agama adalah wajib karena Ada kemaslahatan nyata.

Teks dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin:

يجب امتثال أمر الامام في كل ما له فيه ولاية كدفع زكاة المال الظاهر - وان كان المأمور به مباحا أو مكروها أو حراما لم يجب امتثال أمره فيه كما قاله م ر وتردد فيه في التحفة ثم مال الي الوجوب في كل ما أمر به الامام ولو محرما لكن ظاهرا فقط وما عداه أن كان فيه مصلحة عامة وجب ظاهرا وباطنا والا فظاهرا فقط
والحاصل أنه تجب طاعة الامام فيما أمر به ظاهرا وباطنا مما ليس بحرام أو مكروه فالواجب يتأكد والمندوب يجب وكذا المباح أن كان فيه مصلحة ص ٩١

Kedua, bolehnya membongkar masjid secara total.  Kiai Suyuthi merestui Bupati Pati saat itu Bapak Rustam Santiko yang akan membongkar total masjid Jami' Baitun Nur Pati.

Teks dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin:

ويجوز توسيع المسجد وتغيير بنائه بنحو رفعه للحاجة بشرط اذن الناظر من جهة الواقف ثم الحاكم الاهل فإن لم يوجد وكان الموسع ذا عدالة وراه مصلحة بحيث يغلب علي الظن أنه لو كان الواقف حيا لرضي به جاز ولا يحتاج الي اذن ورثة الواقف اذا لم يشرط لهم النظر ولو وقف ما حواليه مرافق له جاز توسيعه منه أيضا أن شرط الواقف التوسيع منها عند الحاجة أو اطرد به عرف لان العادة المقترنة بالوقف منزلة منزلة شرطه وكذا أن جعل لمن يتولاه أن يفعل ما رأه مصلحة أو اقتضي نظر المتولي بدلالة الحال ذلك ص ٦٥

اشتري بيتا ووقفه مسجدا صح واعطي حكمه وحرم عليه وعلي غيره هدمه وتوسيعه إلا لضرورة أو حاجة كخوف سقوط جدار ودفع حر وبرد وضيق علي المصلين فيجوز حينئذ بشرط أن يبنيه في تلك الأرض الموقوفة وان يعم جميعها بالبناء وله أن يدخل غيرها معها وللزيادة المذكورة حكم الوقف أن بنيت في ارض موقوفة مسجدا أو وقفت كذلك والا فلا وان يكون المعاد صورة مسجد بأن يطلق عليه اسمه ص ٦٤

Ketiga, bolehnya membangun masjid lebih Dari satu di satu Desa jika penduduk desa tersebut tidak bisa bersatu dalam satu masjid. Hal ini terjadi di Desa Asempapan yang saat itu terjadi konflik yang tidak bisa dicarikan titik temu sehingga Kiai Suyuthi membolehkan membangun masjid baru untuk menampung masyarakat agar mereka tetap melaksanakan shalat Jum'at di daerahnya.

Teks kitab Bughyatul Mustarsyidin:

والحاصل من كلام الأئمة أن أسباب جواز تعددها ثلاثة : ضيق محل الصلاة بحيث لا يسع المجتمعين لها غالبا والقتال بين الفئتين بشرطه وبعد أطراف البلد بأن كان بمحل لا يسمع منه النداء او بمحل لو خرج منه بعد الفجر لم يدركها إذ لا يلزمه السعي إليها إلا بعد الفجر - فالضيق لكل عسر نشأ عن المحل والبعد ولكل عسر نشأ عن الطريق والتقاتل ولغيرهما كالخوف علي النفس والمال والحر الشديد والعداوة ونحوها من كل ما فيه مشقة ص ٦٩

Tiga pemikiran fiqh Kiai Suyuthi di atas sangat progresif. Fiqh Kiai Suyuthi berorientasi kepada pembumian maqasidus syariah.


Pengaruh kitab Bughyatul Mustarsyidin sangat kuat dalam pemikiran Kiai Suyuthi. Tentu pengaruh paling kuat dalam diri Kiai Suyuthi adalah Hadlratussyaikh M. Hasyim Asy'ari yang mampu menggabungkan dimensi keislaman Dan kebangsaan sekaligus. Pemikiran Dan perjuangan Kiai Suyuthi meneruskan pemikiran Dan perjuangan Hadlratussyaikh M. Hasyim Asy'ari yang sangat melegenda.

  • Jamal Ma’mur Asmani Direktur Lembaga Studi Kitab Kuning (LESKA) Pati Jawa Tengah