Menyambut Puasa Ramadlan - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

05 Mei 2019

Menyambut Puasa Ramadlan

Situs NU online

Penulis: Prof. Rochmat Wahab

Atorcator.Com - Ramadlan 1440 H sudah di depan mata, yang insya Allah malam ini sudah dimulai sholat Tarawih.  Kita bersyukur kepada Allah swt yang telah mengabulkan doa kita untuk bertemu dengan Ramadlan berikutnya ketika kita mau mengakhiri puasa Ramadlan 1439 H. Coba kita perhatikan beberapa teman, orangtua, guru, dosen, pimpinan, tetangga, teman aktivis, dan sebagainya yang Ramadlan tahun lalu masih ada dan kita masih bercanda ria dan bertemu, saat ini sudah tidak ada di sekitar kita. Sudah menghadap ke rahmatullah. Tentu yang tragis, musibah (baik wafat atau sakit) yang mengena orang-orang yang harus mengawal Pemilu 2019 yang ada di ujung tombak KPPS karena berbagai alasan. Kita ikut berdo'a, semoga yang wafat, dengan khusnul khatimah, dan yang sakit segera Allah swt angkat sakitnya untuk bisa sembuh kembali. Kini kita bermohon kepada Allah swt untuk bisa tunaikan dan mengisi Ramdlan besok dengan ibadah dan amalan yang lebih baik daripada tahun lalu. Untuk itulah kita perlu persiapan-persiapan yang lebih, sehingga kita bisa mengisi setiap waktu dengan ibadah dan amalan yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw.

Untuk menghadapi dan menyambut bulan istimewa, bulan Ramadlan, mari kita simak sabda Rasulullah saw, sebagai landasaan kita dalam mengisi Ramadlan 1440 H yang artinya sebagai berikut 

Wahai sekalian manusia, sesungguhnya telah dekat kepadamu sekalian bulan yang agung, bulan yang penuh berkah, bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Inilah Ramadhan, bulan yang Allah tetapkan shaum di siang harinya sebagai kewajiban, dan shalat tarawih di malam harinya sebagai sunnah.

Barangsiapa yang ingin mendekatkan diri kepada Allah di bulan ini dengan suatu amalan sunnah, maka pahalanya seolah-olah ia melakukan amalan wajib pada bulan lain. Dan barangsiapa melakukan amalan wajib pada bulan ini, maka ia akan dibalas dengan pahala seolah-olah telah melakukan tujuh puluh amalan wajib pada bulan lain. Inilah bulan kesabaran dan ganjaran bagi kesabaran yang sejati yaitu jannah. Bulan ini juga merupakan bulan simpati terhadap sesama. Pada bulan ini rezeki orang-orang beriman ditambah.
Barangsiapa memberi makan (untuk berbuka puasa) kepada orang yang sedang berpuasa, maka kepadanya dibalas dengan ampunan terhadap dosa-dosanya dan dibebaskan dari api neraka jahannam dan ia memperoleh ganjaran yang sama sebagaimana orang yang berpuasa tanpa sedikitpun megurangi pahala shaum dari orang itu…” (HR. Al-Baihaqi)

Untuk mendapatkan kemenangan dan manfaat dari puasa Ramadlan, maka persiapann yang perlu dilakukan di antaranya:

1. Bersyukur kepada Allah swt atas dipertemukannya dengan bulan Ramadhan. Bersyukur, telah diberi usia dan kesempatan, sehingga bisa dipertemukan dengan Ramadan tahun ini. Di samping itu juga diberi sehat jasmaniyah dan ruhaniah, sehingga memiliki kesiapan untuk menunaikan puasa Ramadlan yang sangat dibutuhkan fisik dan jiwa yang sehat dan prima untuk menuaikan segala rukun dan Sunnah Ramadlan. Ingat firman Allah swt, dalam QS Ibrahim:7 yang artinya sebagai berikut “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedi”.

2. Memantapkan iman untuk menghadapi puasa Ramadlan. Puasa Ramadlan itu diperintahkan kepada orang yang beriman, sehingga untuk menunaikan puasa Ramadlan perlu dimantapkan imannya. “Allah Maha Besar, ya Allah terbitkanlah bulan sabit itu untuk kami dengan aman dan dalam keimanan, dengan penuh keselamatan dan dalam keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang disukai dan diridhai oleh Rabbku dan Rabbmu, yaitu Allah.” (HR. Imam At-Tirmidzi dan Ad-Darimi). Selanjutnya juga ditegaskan oleh sabda Rasulullah saw, ”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

3. Bertaubat dan memohon Ampunan. Bertaubat dan memohon ampunan dari Allah swt atas kesalahan dan dosa yang telah dilakukan selama hidupnya, baik disengaja maupun tidak disengaja, baik yang baru saja dilakukan maupun yang telah lampau, baik yang tersembunyi maupun nampak, sebagaimana Allah swt firmakan dalam QS An Nur:3, yaitu “Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kalian beruntung."

4. Bergembira dengan kedatangan bulan Ramadlan. Ramadlan pada hakekatnya memberikan kabar gembira, karena siapapun yang beriman dan bisa sanggup menunaikan ibadah puasa Ramadlan, maka dijanjikan bahwa pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup. Karena banyak lipatan pahala dijanjikan baik yang beribadah wajib dan sunnah, sebaliknya syaitan dibelenggu, yang diharapkan tidak menggoda orang yang berpuasa, walau sebenarnya semua kembali ummat Islam masing-masing. Inilah sabda Rasulullah yang memberikan kabar gembira, yang artinya sebagai berikut : “Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadlan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad). Demikian berbagai kemurahan atas pahala yang diberikan kepada ummat Islam terutama di malam lailatul qadar, pahala bernilai dengan 1000 bulan (QS Al Qadri:3) dan perlindungan Allah supaya dapat meng-courage untuk semakin bersemangat dalam beribadah di bulan Ramadlan.

5. Meningkatkan ilmu tentang puasa Ramadlan. Untuk dapat menjalankan amal dengan benar, sesuai dengan aturannya., maka sangat diperlukan ilmunya, sehingga tidakl terjadi taqlid. Mengikuti orang lain ndalam beribadah, khususnya puasa Ramadlan, tanpa mengetahui dalil-dalilnya yang membuat kita percaya akan ibadah yang akan dilangsungkan itu.  Jangan sampai mengamalkan yang tidak ada atau tidak mengetahui dasar hukum naqlinya. Sebagaimana yang Allah swt firmanya dalam QS Al Anbiya,7) yang artinya sebagai berikut : “Maka bertanyalah pada orang-orang yang berilmu jika kalian tidak mengetahui.” (QS. Al-Anbiya’:7).

6. Menyiapkan kesehatan fisik dan ruhani. Sehat fisik dan ruhani adalah sangat penting untuk bisa tunaikan puasa Ramadan dengan baik, lancar dan sehat. Bisa beribadah optimal tanpa alami hambatan yang berarti. Memang untuk tunaikan puasa, tidak harus sehat sempurna, karena puasa itu juga memiliki nilai keutamaan menyehatkan. Namun supaya bisa beridah optimal, kita harus sehat, jika tidak sehat kan kita bisa tinggal dan mendapatkan keringan atau rukhshah. Ingat firman AS Al Baqarah: 286,. Yang artinya “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya …”. Juga dalam ayat lainnya yang menegaskan bahwa siapapun yang sakit atau dalam bepergian, bisa meninggalkan puasa, yang termuat dalam QS Al Baqarah:185  “Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” 

7. Menyiapkan zakat, infaq, dan shodaqah. Untuk dapat membersihkan harta dan jiwa, kiranya dalam menyambut puasa Ramadlan perlu melakukan perhitungan kekayaan, untuk bisa dibersihkan kekayaan itu, baik yang terkait dengan membayar zakat maupun mengeluarkan infaq dan shodaqah selama bulan Ramadlan. Di antara salah satu lima rukun Islam disebutkan, bahwa rukun yang ketiga berbunyi “Wa itaaiz zakaati”, yang artinya: dan membayar zakat, bukan dan mengeluarkan zakat. Jika tidak dibayarkan zakatnya, maka statusnya kita menjadi berhutang. Karena zakat itu wajib dibayar.  Kita perlu berhati-hati memanaj harta, karena harta bisa membuat bahagia dunia akhirat, tetapi bisa juga membuat celaka dunia akhirat. Kita beruntung setiap tahun disegarkan terus oileh Allah swt, dengan mengingatkan kita untuk tidak lupa terhadap harta dan diri kita.


Demikian sekedar catatan singkat tentang menghadapi Ramadlan 1440 H. Di tengah-tengah potensi masalah yang dihadapi bangsa Indonesia pasca Pemilu 2019, semoga hikmah Ramadlan dapat dipetik oleh semua, sehingga dalam menghadapi persoalan bangsa sesulit apapun dapat ditemukan jalan keluar. Kita ingat sekali bahwa orang-orang bertaqwa akan mendapatkan jalan keluar yang diridhoi oleh Allah swt. Puasa Ramadlan memiliki tujuan utamanya untuk menjadi orang bertaqwa. Insya Allah, jika semua ummat Islam yang lurus, bersih dan benar imannya bisa ikut serta dalam mengantarkan penyelesaian bangsa dengan cara yang jujur, adil, bijak dan damai, maka insya Allah kita memiliki harapan besar dapat mencapai kemajuan, keadilan dan kemakmuran untuk semua.