Tiga Sosok Ilmuwan Kiai Achmad Siddiq, Kiai As’ad dan Kiai Ali Maksum - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

30 Juni 2019

Tiga Sosok Ilmuwan Kiai Achmad Siddiq, Kiai As’ad dan Kiai Ali Maksum

Penulis: Abdul Muqsith Ghazali
Ahad 30 Juni 2019 06:00
Ilustrasi foto/NU online

Atorcator.Com - Perhari ini, 28 tahun lalu adalah puncak duka cita bagi waga NU. 23 Januari 1991, Rais Am PBNU KH Achmad Siddiq wafat dalam usia 64 tahun.

Saya yang hari itu takziyah ke kediamannya di Jember menyaksikan ribuan manusia tenggelam dalam duka atas kepergiaan Kiai Achmad. Orang-orang mempercakapkan siapa yang akan menggantikan Kiai Achmad. Kegelisahan menyebar di mana-mana.

Tahun itu warga NU hampir saja seperti ayam kehilangan induk. Sebab, para kiai yang menjadi jangkar warga NU meninggal dunia secara berturut-turut, dalam waktu yang tak berselang lama.

Sebelum Kiai Achmad, pada 4 Agustus 1990 Kiai As’ad Syamsul Arifin Situbondo (musytasyar PBNU) wafat dan 7 Desember 1989 Kiai Ali Maksum Krapyak (Rais Am PBNU sebelum Kiai Achmad Siddiq) juga wafat.

Hari-hari ini, walau tak persis sama, kita merindukan hadirnya sosok kiai seperti Kiai Achmad Siddiq, Kiai As’ad Syamsul Arifin dan Kiai Ali Maksum. Yaitu, kiai yang bisa memadukan antara wawasan keislaman dan wawasan kebangsaan secara sekaligus, kiai yang menerima Islam sebagai akidah dan menerima Pancasila sebagai dasar negara.

Disaat sekarang masih banyak tokoh Islam yang tak mau kembali ke pangkuan NKRI dengan Pancasilanya, saya selalu teringat tiga sosok kiai itu.

Pertanyaannya, apakah tiga kiai itu kalah alim dengan tokoh-tokoh Islam yang hingga sekarang menolak Pancasila sebagai dasar negara? Saya kira tidak. Tiga kiai itu memiliki penguasaan yang sangat dalam terhadap sumber-sumber keislaman yang otoritatif.

Bahkan, Kiai As’ad berburu ilmu hingga ke tanah Hijaz. Bertahun-tahun beliau menetap di sana. Kiai As’ad pun lahir di Mekah karena ayahanda, Kiai Syamsul Arifin, telah juga studi di sana sebelumnya selama 40 tahun.

Nafa'ana Allah bi 'ulumihim. Amin.....

Salam,

  • Abdul Moqsith Ghazali Seorang pakar hubungan antar agama asal Indonesia. Ia belajar di Universitas Islam Nasional/UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimana ia lulus progam S2 pada 1999. Sebelum menyelesaikan pendidikan S3-nya, ia mengikuti dialog agama-agama selama sebulan di Amerika Serikat pada 2002