Silaturahim NU Sedunia: NU Jangan Hanya Bicara Potensi - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

09 Agustus 2019

Silaturahim NU Sedunia: NU Jangan Hanya Bicara Potensi

Penulis: Jamal Ma'mur Asmani
Jumat 9 Agustus 2019
Ilustrasi foto: Silaturahim NU Sedunia
Atorcator.Com - KH Lukman Hakim Syaifuddin Selaku Menteri Agama dalam Shilaturrahim NU se-Dunia di Hotel Taisir Mekah (Kamis, 7 Dzulhijjah 1440 H./8 Agustus 2019) menyatakan, membicarakan NU jangan hanya potensi. 

Semua pihak sudah paham bahwa potensi NU di semua Bidang sangat besar. Diamnya NU sudah merupakan potensi. Namun, potensi saja Tidak cukup. 

Potensi besar NU Harus digerakkan secara optimal supaya mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, bangsa, Dan dunia. Kekuatan untuk bergerak (harakah) Harus dioptimalkan supaya Ada dampak positif (atsar) di tengah kehidupan umat manusia. 

Islam moderat yang toleran, progresif Dan inklusif menjadi karakteristik utama NU yang Harus dikembangkan di tengah masyarakat sehingga benih-benih radikal-intoleran bisa diminimalisir dengan baik. 

NU sudah saatnya menyisingkan lengan Baju. Tidak hanya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tapi juga terlibat aktif dalam memajukan Indonesia dari berbagai aspek kehidupan. 

Tampilnya KH Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden adalah langkah Awal NU dalam memajukan bangsa yang Harus dibuktikan dengan prestasi Demi prestasi di semua aspek kehidupan sehingga masyarakat percaya kepada NU.

Kader-kader NU juga Harus melakukan optimalisasi dakwah digital. Panggung dakwah digital ini Harus direbut dengan konten yang sesuai dengan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah yang sudah diakui dunia. 

Tiga Prioritas NU

KH Agus Ali Masyhuri, Wakil Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur asal Sidoarjo, melengkapi statement Menteri Agama menyatakan, dalam rangka menghadapi Masa depan, NU Harus meningkatkan tiga Aspek.

Pertama, intensifikasi internalisasi ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah An Nahdliyyah. Basis ideologi adalah pondasi yang Harus ditanam kokoh sehingga Ada ketahanan Dan militansi perjuangan, Tidak pragmatis Dan oportunis. Visi perjuangan ditentukan oleh basis ideologi yang kuat.

Kedua, Pengembangan potensi ekonomi warga NU. Dalam konteks Ekonomi ini, Harus diakui, NU Harus banyak berbenah Dan belajar supaya Tidak Selalu menjadi obyek pasar (maf'ul), tapi berkembang menjadi Pelaku pasar (fa'il). Hal ini membutuhkan perjuangan panjang, konsistensi, Dan komitmen dari semua generasi Penerus. 

Ketiga, mengokohkan bangunan budaya Lokal yang dirintis Walisongo. Acara tahlilan, manakiban, selametan, berjanjenan, Dan sejenisnya semakin menguatkan basis kultural NU dengan warganya. Hal ini Harus dilestarikan dengan sungguh-sungguh sebagai media pelestarian budaya yang sesuai dengan nilai-nilai luhur agama. 

Keberhasilan dakwah Walisongo karena mereka meneruskan dakwah Nabi Muhammad yang membahagiakan, mengobati, Dan menolong, bukan menakut-nakuti, menjelek-jelekkan, Dan mencari musuh.

Keberhasilan dakwah Nabi diabadikan dalam Al Qur'an Surat Ali Imran 159:

فبما رحمة من الله لنت لهم ولو كنت فظا غليظ القلب لانفضوا من حولك فاعف عنهم واستغفر لهم وشاورهم في الأمر فاذا عزمت فتوكل علي الله ان الله يحب المتوكلين 

Maka disebabkan kasih sayang Allah Kamu (Muhammad) bisa bersikap lemah lembut kepada mereka. Jika kamu kasar Dan keras hati, maka mereka Akan lari dari sekelilingmu. Maka, maafkan mereka Dan mohonkan maaf pada mereka Dan ajaklah mereka bermusyawarah dalam suatu urusan. Maka  jika kamu Punya keinginan, maka berserah dirilah kepada Allah, sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berserah diri.

KH Agus Ali Masyhuri meyakinkan kepada warga NU bahwa Apa yang Ada pada Allah itu lebih banyak dari pada Apa yang Ada pada manusia. Maka, jangan putus asa Dan patah semangat. Tapi Harus optimis, berani melangkah, mencoba, Dan terus belajar untuk meraih prestasi Demi Kebangkitan NU Masa depan di berbagai aspek kehidupan. 

Dalam konteks ini, kaderisasi menjadi keniscayaan yang tidak bisa disepelekan, tapi Harus diprogram secara disiplin.

Urgensi Kaderisasi 

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Bapak Agus Maftuh, menyatakan, santri-santri NU Harus mampu membawa Kebangkitan NU Masa depan. Mereka harus mampu meneruskan perjuangan para Ulama, khususnya estafet keilmuan Dan perjuangan KH Maimun Zubair yang baru saja meninggalkan Kita. 

اخو العلم حي خالد بعد موته - واوصاله تحت التراب رميم 
وذو الجهل موت وهو ماش علي الثري - يظن من الأحياء وهو عديم 

Orang berilmu abadi pasca wafatnya, meskipun tulang belulangnya hancur di bawah debu 
Orang bodoh hakikatnya mati meskipun jasadnya berjalan di atas bumi IA disangka hidup padahal sejatinya IA tiada 

Kader-kader NU jika menjadi orang berilmu, eksistensinya Akan abadi karena mampu menebarkan kebaikan Dan kemanfaatan lintas zaman.

KH Maimun Zubair Sebagai Icon 

Contoh nyata Ulama yang mendalam ilmunya Dan tinggi rasa takutnya kepada Allah adalah KH Maimun Zubair. Beliau Inspirasi kader-kader Muda NU dalam menuntut ilmu dan membumikan Islam Rahmatan lil alamin. 

KH Maimun Zubair adalah Ulama yang loyal berjuang di NU sampai akhir hayat. Beliau mengajar para santri sebagai kader-kader penerus NU Masa depan dengan gigih Dan istiqamah.

KH Taj Yasin Maimun dalam kesempatan ini menyatakan, Salah satu wasiat KH Maimun Zubair adalah Menjaga Nahdlatul Ulama yang program-programnya Harus menyentuh Dan dirasakan masyarakat. Saat kehadiran NU mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, maka saat itulah NU Akan menjadi pemimpin dengan kekuatan besar. NU Harus membumikan Islam Rahmatan lil-alamin.

Saat masih dalam kandungan, KH Zubair Dahlan minta kepada para Pendiri NU yang rawuh di Sarang, seperti Hadlratussyaikh M. Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahab Hazbullah, Dan lain-lain untuk mendoakan bayi yang Akan lahir. Para Pendiri NU tersebut mengeluarkan air ludah di wadah yang disediakan. Wasilah air ludah para Pendiri NU ini, kelahiran Dan pertumbuhan bayi yang bernama Maimun ini bisa lancar.

Gus Yasin menyatakan, KH Maimun Zubair adalah milik Kita bersama, bangsa Indonesia, Tidak milik satu kelompok. Beliau Selalu memperjuangkan problem kebangsaan dengan sungguh-sungguh. 

KH Bunyamin Tuhiyat dari PBNU menyatakan, kader-kader Muda NU Harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan Masa depan yang kompleks. Semangat belajar Harus tinggi. Mereka harus mampu meneruskan tanggungjawab keilmuan Dan perjuangan sosial yang diwariskan Ulama. Mereka harus mampu merebut panggung keilmuan Dan kenegaraan sehingga tidak dikuasai orang-orang yang tidak berilmu yang memberikan fatwa sesat dan menyesatkan.

KH Maimun Zubair kata KH Bunyamin adalah Contoh riil seorang Ulama yang layak menjadi teladan seluruh warga NU Dan bangsa ini. 

Semoga lahir ulama-ulama seperti KH Maimun Zubair yang selalu memancarkan keluhuran budi, kedalaman ilmu, Dan kesantunan Laku dalam membumikan  Islam Rahmatan lil-alamin. 

Amiin Yaa Rabbal Alamiin.

Mekah, Kamis, 7 Dzulhijjah 1440 H. - 8 Agustus 2019