Apakah Presiden Jokowi Bisa Menghentikan Kegaduhan Ini? - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Rabu, September 25, 2019

Apakah Presiden Jokowi Bisa Menghentikan Kegaduhan Ini?

Penulis: Muhammad A S Hikam
Rabu 25 September 2019


Atorcator.Com - Demo mahasiswa berkecamuk di Senayan utk menolak produk2 legislasi DPR yang dianggap anti demokrasi. Ini seharusnya menjadi "wake up call" bagi Presiden Jokow (PJ), bahwa legitimasi beliau sbg pemimpin sedang turut mendapat ujian. Sebab diantara produk2 yg ditolak mahasiswa tsb ada yg benar2 dianggap menghianati amanat reformasi, yaitu revisi UU KPK yg beliau lakukan bersama DPR.

PJ mungkin kaget melihat mahasiswa yang biasanya baik2 saja selama 5 th terakhir ini, kini tampil berunjuk rasa seperti ketika rezim ORBA masih ada. PJ mungkin kaget karena beliau dilapori para aparatnya bhw hal2 seperti ini tidak bakal terjadi. PJ mungkin juga kaget karena tak menyangka puluhan PT dan ratusan Guru Besar menolak revisi UU KPK, padahal menurut penasihat beliau semuanya baik.

Sungguh sangat memprihatinkan apabila seorang Presiden yg dipilih kembali oleh lebih dr 55% rakyat ternyata malah didemo sebelum disumpah utk periode ke dua. Ada yg mesti dipertanyakan, mengapa legitimasi PJ bisa anjlog seperti itu? Salah satunya mungkin adalah karena PJ dan para elit politik terlalu PEDE dan meremehkan aspirasi publik terkait penghancuran KPK.

Apakah PJ masih punya kesempatan utk merubah semua ini? Saya yakin ada. Buka dialog dengan publik, khususnya para mahasiswa, cendekiawan, mahaguru, tokoh masyarakat, dsb utk mencari solusi soal UU KPK yg baru tsb. PJ bisa bikin PERPPU, atau melalui jalan lain: 

Judicial review oleh MK. Himbau agar MK mau mencabut UU KPK yg tak dikehendaki rakyat itu. Bukan intervensi sbg Presiden, tetapi himbauan seorang Kepala Negara yg bijaksana!

PJ harus menjadikan aksi demo ini sebagai pelajaran bahwa kesewenang2an tak akan berhasil membendung kehendak rakyat. Tidak pada th 60an, 80an, atau sekarang dan yg akan datang. Rakyat Indonesia harus menjadi RUJUKAN beliau dan pemerintahannya. Bukan para oligarch. IMHO. [Source Status Facebook Muhammad A S Hikam]

Simak tautan ini:

1. [Foto: Lautan Massa Mahasiswa dari Berbagai Universitas Bergerak ke DPR] http://share.babe.news/al/QQSUFRfS
2. [Aparat & Mahasiswa Bentrok, Bamsoet Dievakuasi ke Ruang Pengamanan] http://share.babe.news/al/sYUNvQfS