Hari Santri Nasional : Metode Utawi Iki Iku Terbukti Efektif - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

22 Oktober 2019

Hari Santri Nasional : Metode Utawi Iki Iku Terbukti Efektif


Penulis: Dr. KH. Jamal Ma'mur Asmani
Selasa 22 Oktober 00:30
islami.co

Atorcator.Com - KH M Aniq Muhammadun, Rais Syuriyah PCNU Pati Dan Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pakis Tayu Pati, dalam pembukaan Musabaqah Qiraatil Kutub yang diselenggarakan RMI-NU Pati, menjelaskan:

"Metode Utawi iki iku yang diterapkan di Pesantren terbukti efektif dalam membekali santri kemampuan memahami Struktur kalimat yang sangat dibutuhkan dalam menguasai kitab Kuning".

Kiai Aniq mencontohkan, ketika para santri membaca الحمد لله maka makna yang diberikan adalah الحمد Utawi sekabihane Puji, لله Iku kagungane Allah. Maka, makna itu santri langsung paham bahwa الحمد itu statusnya menjadi مبتداء Dan ال dalam الحمد Punya makna للتعريف (menjadi kata menjadi isim ma'rifat) yang Punya fungsi للعهد الذكري، للاستغراق، .

Segala Puji yang bermacam-macam, baik pujian Allah kepada Allah, kepada makhluk, pujian makhlak kepada Allah, Dan kepada sesama manusia, semuanya menjadi milik Allah. Hal ini dipahami dari metode Utawi iki Iku Dan makna yang diberikan.

Dawuh KH MA Sahal Mahfudh

Kiai Aniq mengisahkan KH MA Sahal Mahfudh yang membela metode Utawi iki Iku dalam forum ilmiah Nasional di Jakarta. Saat seorang narasumber mengkritik metode Utawi ika iku yang dianggap Tidak relevan Dan Harus diganti, maka Kiai Sahal dengan tegas membela metode ini. Dawuh Kiai Sahal:

"Metode Utawi iki iku justru satu-satunya metode yang sudah terbukti efektif dalam pembelajaran di Pesantren".

Kiai Sahal justru menantang jika Ada metode baru yang lebih baik dari metode Utawi iki iku, maka Kiai Sahal siap menerimanya. Tantangan Kiai Sahal ini menarik karena sampai sekarang belum Ada metode baru dalam memahami kitab Kuning yang lebih efektif dari Utawi iki iku.

Kitab Kuning Rujukan Santri

Metode Utawi ika iku menjadi sarana santri untuk memahami Dan menguasai kitab Kuning. Kitab Kuning menjadi rujukan santri dalam merespons masalah apapun yang terjadi di tengah masyarakat.

Santri Harus mampu menguasai kitab Kuning secara mendalam sehingga mampu merespons masalah sosial dengan benar.

Dr. KH. Jamal Ma'mur Asmani Direktur Lembaga Studi Kitab [LESKA] Pati Jawa Tengah