Hati-Hati dengan Kaum Takfiri, dan Belajarlah dengan Kiai-Kiai NU - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

06 Oktober 2019

Hati-Hati dengan Kaum Takfiri, dan Belajarlah dengan Kiai-Kiai NU

Penulis: Muhammad Salim
Ahad 6 Oktober 2019


Atorcator.Com - Pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon KH Muhammad Abbas Billy Yachsyi Fuad Hasyim peringatkan umat Islam agar waspada terhadap kelompok takfiri, hal tersebut disampaikan dalam acara haul ke-45 KH Abdal Adzim bin Mad Nahri di Pesantren Sarongge Desa Cigintung Kecamatan Singajaya, Garut, Jawa Barat, Kamis (3/10).

Dalam tausyiahnya, KH Abbas menjelaskan bahwa kelompok takfiri bersembunyi dibalik ayat Al-Qur'an dan hadits sebagai tameng. Karena tanpa hal tersebut, mereka tidak akan mendapatkan simpati dari masyarakat. 

"Sejak zaman Khulafaurrasyidin, kaum takfiri berani mengkafir-kafirkan sahabat Nabi, terutama sayidina Ali RA yang jelas termasuk calon ahli surga serta menantu Nabi Muhammad SAW," ujarnya.

Dijelaskan, kaum muslimin pada saat itu banyak terpengaruh terhadap doktrin tersebut, sehingga banyak kaum muslimin yang juga ikut mengkafirkan Sayidina Ali.

"Kelompok takfiri gunakan Al-Qur'an dan hadits sebagai tameng, terutama untuk mengambil simpati masyarakat. Pada zaman Khulafaur Rasyidin, kaum takfiri doktrin masyarakat awam dengan Al-Qur'an dan hadits sebagai senjata, sehingga mereka ikut mengkafirkan Sayidina Ali pada saat itu," tegas KH Abbas

Selain itu, KH Abbas juga ingatkan kepada warga NU Singajaya agar jangan sampai membenci ulama NU, membenci pemerintah, TNI, dan Polri apalagi Banser karena propaganda kelompok takfiri melalui bendera HTI. Karena sejatinya kalimat tauhid diagungkan oleh warga NU melalui tahlil yang diucapkan, bukan dituliskan di bendera.

"Jangan sampai bapak dan ibu benci terhadap ulama NU, benci pada pemerintah, benci pada TNI dan Polri, apalagi pada Banser, karena mereka adalah penjaga NKRI. Apalagi dengan bendera HTI, karena sejatinya yang mengagungkan kalimat tauhid itu NU, karena setiap warga NU membaca tahlil saat wirid dan tahlilan, bukan dituliskan pada bendera," tuturnya.

"Jangankan ulama NU, Sayidina Ali RA yang jelas-jelas sahabat nabi dan termasuk Khulafaurrasyidin saja dikafirkan, apalagi ulama zaman sekarang. Jadi kita harus hati-hati dalam menerima doktrin agama karena dikhawatirkan berisi radikalisme," imbuhnya.

Kiai Abbas juga berpesan agar masyarakat masuk ke dalam NU atau kembali ke NU dan memahami NU secara holistik (menyeluruh). Karena tidak sedikit kiai, santri, dan masyarakat yang mengaku NU, walaupun secara keseharian mengamalkan dzikir, shalawat, qunut, dan lainnya. 

"Namun harakah (gerakan) dan fikrahnya (pemikiran) bertentangan dengan NU. Sehingga Allah akan mencabut keberkahannya dan disatukan dengan pengkhianat," tutupnya.

Terlihat dalam acara tersebut Wakil Ketua PWNU Jawa Barat KH Aceng Abdul Mujib Pengasuh Pesantren Safinatul Faizin Fauzan 2 KH Aceng Abun Sohibul Burhan, Pengasuh Pondok Pesantren Fauzan 1 sekaligus Rais Syuriah MWCNU Sukaresmi KH Aceng Muhammad Ali, Pengurus MWCNU Kecamatan Singajaya.

Hadir pula Kapolsek Kecamatan Singajaya Iptu Sahono, Kepala Desa Cigintung Dida, puluhan ajengan, pimpinan pesantren, alumni, dan ratusan masyarakat Garut dengan khidmat mengikuti acara haul sampai akhir.


*Tulisan ini sebelumnya dimuat di NUonline