Pemerintah Waspadai Sel-sel Al-Baghdadi yang Menyusup ke RI - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Rabu, Oktober 30, 2019

Pemerintah Waspadai Sel-sel Al-Baghdadi yang Menyusup ke RI

Rabu 30 Oktober 2019
detik

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta seluruh pihak tetap waspada meski pimpinan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi dilaporkan tewas. Moeldoko menyebut masih ada kemungkinan sel-sel Al-Baghdadi yang menyusup.

"Meski Al-Baghdadi meninggal, perjuangan ISIS secara global berkurang ini kelihatan dari ruang movement dia kelihatan di dunia, tapi sel-selnya ini yang begitu kembali ke negaranya nanti akan menjadi lintas negara ada yang dari Malaysia, Australia, dan ada dari beberapa negara yang lain," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Indonesia seterusnya. Nah ini bisa-bisa membangun jaringan dan itu persoalan," katanya.

Terlebih, kata Moeldoko, sel-sel ISIS kemungkinan menyebar karena ada beberapa WNI yang terpengaruh dengan paham-paham yang dianut. Perlu kewaspadaan jika mereka kembali lagi ke tanah air.

"Saya pikir Menko Polhukam sudah mengantisipasi dan memitigasi kira-kira apa yang terjadi dengan me-reference yang lalu," ujar Moeldoko.

Baghdadi sempat beberapa kali dirumorkan terluka dan tewas sebelum Presiden AS Donald Trump mengumumkan kematiannya pada Minggu (27/10) waktu setempat. Trump menyebut Baghdadi tewas meledakkan diri saat terpojok oleh operasi militer AS di Suriah.

"Semalam, Amerika Serikat menegakkan keadilan pada pemimpin teroris nomor satu dunia," kata Trump dalam pernyataannya saat bicara soal operasi militer AS yang dirancang dari Irak dan dieksekusi di Suriah. [Source : Detik]