Karomah Imam Al-Syafi’i, Jenazahnya Bertaburkan Mutiara

Imam Muhammad bin Idris Al-Syafi’i, dikenal luas dengan sebutan Imam Al-Syafi’i. Namanya sangat masyhur, karena mazhab Syafi’iyyah yang digagasnya tersebar luas di berbagai penjuru dunia. Beliau dikenal sebagai penjaga Sunnah, karena keteguhan hatinya dalam berpegang teguh pada Sunnah Rasulullahh SAW.

Allah SWT memberikan keistimewaan dan karomah kepada beliau. Ada kisah penuh hikmah yang dialami oleh Imam Al-Syafi’i. Setelah wafatnya, ia mendapatkan kenikmatan kubur. Di alam Barzakh, Imam Syafi’i didudukkan di kursi emas dan jenazahnya bertabur permata.

Ketika berusia 2 tahun, ia dibawa ibunya ke Hijaz, sebab ibunya berasal dari Kabilah Azdiyah (dari Yaman). Lalu Imam Al-Syafi’i dibawa ke Makkah karena sang ibu khawatir nasabnya yang mulia akan lenyap dan terlupakan. Di Makkah, keduanya tinggal di dekat Syi’bu Al-Khaif, seorang guru yang terkenal. Ibunya mengirim Imam Syafi’i untuk belajar kepadanya. Sebenarnya ibunya tidak mampu untuk membiayainya, akan tetapi sang guru ternyata tidak rela dibayar setelah melihat kecerdasan yang dimiliki Imam Al-Syafi’i.

Pada usia 7 tahun, Imam Al-Syafi’i sudah bisa menghafal A–Qur’an 30 Juz. Pada usia 12 tahun, beliau sudah bisa membaca dan menghafal kitab Al-Muwaththa’ karya Imam Malik. Imam Al-Syafi’i dalam kesehariannya selalu berdakwah dan menebar ilmu. Imam Al-Syafi’i menderita sakit dan meninggal pada malam Jumat setelah shalat isya hari terkahir bulan Rajab permulaan tahun 204 Hijriyah dalam usia 54 tahun.

Sahabat Ar-Rabi menyampaikan bahwa dia telah bermimpi bertemu dengan Imam Syafi’i sesudah wafatnya.

“Apa yang telah diperbuat Allah kepadamu wahai Abu Abdillah (imam Al-Syafi’i)?” tanya Ar-Rabi.

“Allah mendudukkan aku di atas sebuah kursi emas dan menaburkan pada diriku mutiara-mutiara yang halus,” jawab Imam Syafi’i.

Begitulah sekelumit kisah nikmat alam kubur yang dialami oleh Imam Besar, Waliyullah, Imam Al-Syafi’i. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat kepadanya. (Amrullah/Sumber/Bangkitmedia.com)

Related Posts