Apakah yang Bersedekah atas Nama Mayit Juga Dapat Pahala?

Sesi tanya jawab ketika KKP di Mojokerto bersama para dosen, ada yang menyampaikan pengalamannya saat di Madinah. Yakni ikut pengajian di Masjid Nabawi. Syekh yang memberi pengajian dari kalangan Salafi itu menyebutkan bahwa untuk berkirim pahala sedekah untuk orang yang sudah wafat harus menggunakan kata:

اللهم تقبل وأوصل مثل ثواب …

“Ya Allah, terimalah dan sampaikan pahala YANG SAMA SEPERTI PAHALA sedekah ini untuk mayit…”

Supaya apa yang dikerjakan pahalanya dapat diberikan kepada mayit dan orang yang melakukan pun juga dapat pahala. Sebab jika tidak berdoa seperti itu maka kita tidak dapat pahala, justru pahalanya diberikan kepada mayit.

Para kyai kita terkadang tidak berdoa semacam itu. Cukup seperti doa yang sudah biasa diamalkan saat Yasin Tahlil. Tapi apakah kita juga dapat? Ya betul. Berikut riwayatnya:

ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺟُﻼً ﺃَﺗَﻰ اﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻝَ: ﺇِﻥَّ ﺃُﻣِّﻲ اﻓْﺘُﻠِﺘَﺖْ ﻧَﻔْﺴُﻬَﺎ ﻭَﻟَﻢْ ﺗُﻮﺹِ، ﻭَﺇِﻧِّﻲ ﺃَﻇُﻨُّﻬَﺎ ﻟَﻮْ ﺗَﻜَﻠَّﻤَﺖْ ﻟَﺘَﺼَﺪَّﻗَﺖْ، ﻓَﻠَﻬَﺎ ﺃﺟﺮ ﺇِﻥْ ﺗَﺼَﺪَّﻗْﺖُ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﻭَﻟِﻲَ ﺃﺟﺮ؟ ﻓَﻘَﺎﻝَ: «ﻧَﻌَﻢْ»

Dari Aisyah bahwa ada seseorang yang datang kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam dan ia berkata: “Ibu saya wafat mendadak dan tidak berwasiat. Saya menyangka bila ia berkata maka akan bersedekah. Apakah ibu saya dapat pahala jika saya bersedekahlah? Dan saya dapat pahala?”. Nabi menjawab: “Ya” (HR Ibnu Majah)

Related Posts