Apakah Shalat Bisa Menangkal Virus Corona ?

Sekedar catatan saja karena ini sudah bawa-bawa hadis Nabi mengenai ceramah ustadz di bawah ini

https://m.youtube.com/watch?v=dMD8-FJyeW0&feature=youtu.be

Ustadz ini menukil hadis yang isinya ia artikan “diantara shalat ke shalat itu adalah pelindung untuk si muslim itu”. Maksudnya adalah shalat bisa jadi pelindung dari virus corona. Wow..

Kita abaikan kesalahannya menyebut redaksi hadis, salah semacam ini sangat wajar. Tapi kesalahan soal isi dan makna hadis bisa sangat besar konsekuensinya. Hadis itu Selengkapnya adalah:

إِنَّ الصَّلَاةَ إِلَى الصَّلَاةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا مَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ

“Sesungguhnya satu shalat hingga shalat berikutnya adalah penghapus bagi dosa yang terjadi di antara keduanya, selama dosa besar dijauhi”.

Hadis ini dinukil oleh Imam Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fathul Bari dan banyak Imam lain sebagai catatan bagi hadis-hadis lainnya yang menyatakan bahwa amal baik dapat menghapus dosa. Maksudnya adalah dosa kecil saja, bukan dosa besar sebab yang besar harus ditaubati secara khusus, tak cukup hanya dengan amal baik saja.

Jadi, kata “Kaffarah” dalam hadis itu maksudnya penghapusan dosa, bukan perlindungan dari virus. Penghapusan dosa kecil ini juga ada dalam ibadah lainnya di hadis-hadis lain, misalkan shalat jumat yang satu dengan shalat jumat berikutnya, puasa ramadhan yang satu dan puasa tahun berikutnya, umrah yang satu dan umrah selanjutnya, di antara semua itu seorang hamba bisa dapat penghapusan dosa kecil.

Bila Kaffarah diartikan sebagai perlindungan dari virus, maka ambyaaaar….

Semoga bermanfaat

Related Posts