Karomah Kyai Kholil Bangkalan Basah Kuyup - Atorcator

Karomah Kyai Kholil Bangkalan Basah Kuyup

Karomah yang diberikan Allah kepada kekasih-kekasihnya bermacam-macam bentuknya. Sebagian mereka diberi kemampuan bisa melihat alam gaib, Ada yang bisa berjalan di atas air, ada yang bisa terbang, ada yang bisa mengetahui isi hati orang lain, ada yang mampu menyembuhkan orang sakit dalam sekejap, ada yang menghilang atau membelah diri menjadi beberapa, sehingga ia bisa berada di dua tempat dalam satu waktu.

Sungguh karomah bukanlah sesuatu yang boleh dipamer-pamerkan, tetapi itu bagian dari ujian Allah kepada wali-wali-Nya, apakah mereka masih mencintai Allah atau tergoda dengan karomah itu lalu mencintainya. Wali-wali Allah yang tidak menjaga adab kepada Allah dengan cara memperlihatkan karomahnya dengan kesombongan, akan dibenci oleh Allah sehingga derajatnya akan turun.

Tetapi wali Allah yang berusaha menjaga adabnya kepada Allah akan selamanya masuk ke dalam perlindungan-Nya, dan mereka akan diangkat ke derajat tertinggi di surga bersama dengan para nabi dan sahabat-sahabatnya.

Diceritakan, ketika Kyai Kholil sedang mengajar di hadapan para santri-santrinya, beliau melakukan suatu pekerjaan yang tidak tertangkap oleh mata kepala, hingga tiba-tiba beliau basah kuyup dan langsung meninggalkan pengajian menuju rumah untuk ganti baju. Menyaksikan hal itu para santri tercengang dan saling bertanya, apa sebenarnya yang terjadi pada Kyai Kholil. Namun, mereka semua tidak berani menanyakannya kepada Kyai.

Setengah bulan kemudian tabir itu terbuka, dengan adanya seorang nelayan yang sowan (berkunjung) kepada Kyai Kholil untuk mengucapkan terimakasih karena beliau telah menolongnya saat perahunya pecah ketika ia sedang melaut. Para santri akhirnya menyimpulkan bahwa ketika pengajian sedang berlangsung, ternyata Kyai Kholil mendapatkan perintah dari Allah untuk menyelamatkan nelayan itu.

Sumber cerita dari KH Ghazi, Ngemplak Sleman.

komentar

Related Posts