Siapa Penyusun Yasin Tahlil dan Pembukaan UUD? - Atorcator

Siapa Penyusun Yasin Tahlil dan Pembukaan UUD?

Di sebelah saya ini (jubah putih) adalah kyai muda yang sudah mengemban amanah besar, KH Ulil Abshar putra KH Hadi, Rais Syuriyah PWNU Bali. Lulusan Syekh Muhammad bin Syekh Ismail, Makkah ini, diambil mantu oleh KH Nur Muhammad Iskandar Jakarta, dan mengasuh PP Assiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang.

Tadi pagi seluruh santrinya disuruh bergabung ke masjid untuk ngaji bersama tentang Aswaja. Beliau tertawa sambil menepuk-nepuk bahu saya karena 2 hal;

1. Siapa penyusun Yasin dan Tahlil? Peserta tidak ada yang jawab. Saya guyonin: “Kalau anda dapat undangan Tahlilan dan dikasih buku Yasin Tahlil, tapi di sampul bagian dalam ada foto, tidak boleh diyakini pemilik foto itu adalah penyusun Yasin Tahlil”. Gemuruh suara santri tertawa segar.

2. Ketika membahas dalil berkat untuk orang yang sudah wafat. Saya selingi dengan candaan bahwa diantara Pendiri bangsa ini adalah para kyai pesantren. Apa buktinya? Yakni di pembukaan UUD yang berbunyi: “Atas Berkat dan Rahmat Allah…” Lho disitu kan ada Berkat!!!

komentar

Related Posts