28/05/2020

Kejadian Cekcok Habib dan Satpol PP, Itu Hasil PSBB Guyonan

Saya mempunyai pandangan sedikit berbeda dengan kawan-kawan soal kejadian ‘cekcok’ yang berbuntut perkelahian antara Habib dan Satpol PP yang sempat viral di media sosial satu hari yang lalu.

Berikut videonya :

Pertama memang aparat sendiri menerapkan peraturan sangat kaku, mobil pribadi yang berisi keluarga kok juga diatur tidak boleh lebih 30% dari kapasitas mobil. Angkutan umum, ojol bolehlah. Lah kalau satu keluarga ada keperluan padahal hanya punya satu mobil, masa harus mendadak cari gocar, apa tidak lebih berbahaya?

Kedua, masa penumpang dalam mobil pribadi harus mengenakan masker. Kalau dalam kendaraan umum, atau diluar kendaraan pribadi tidak mengenakan baru ditindak tegas, kalau dimobil sendiri wajar saja. Menerapkan aturan ko rigid banget.

Ketiga, pihak aparat sendiri represif. Tahulah kalau soal ini, mall Surabaya yang padat pengunjung dan McD di DKI yang berjubel juga tanggapan aparat seperti angin lalu. Padahal katanya Surabaya dan DKI sedang PSBB. Kalau Habib ini ditegur, maka puluhan mall yang tidak menerapkan protap covid19 juga ditindak dong.

Keempat, aparat sendiri terkesan memancing amarah Habib, mereka kan bergerombol ya. Seharusnya jangan mancing-mancing. Cukup beri himbauan dan segera melanjutkan keperluannya. Bukan malah saling memancing, saling ejek. Seperti menantang. Dan setelah Habibnya terpancing aparat menyuruh kawannya memvidiokan supaya viral. Gendeng Iki.

Kalau mall-mall dan warga yang tidak mengindahkan protap covid19 juga ditindak tegas, maka perlakuan aparat kepada Habib bisa kita maklumi, lah wong aturan cuman buat main-main ko diterapkan serius. Dan kita yang rame-rame menertawakan jangan-jangan kita yang konyol merasa peraturan pemerintah yang terkesan main-main ini kita anggap wajar.

Tapi apa saya mendukung Habib? Tidak. Meskipun begitu saya tetap tidak setuju dengan omongan Habib bahwa untuk orang yang rajin ibadah covid tidak akan menyebabkan apa-apa. Cacat logika. Dan tentu saja tindakan pemukulan Habib kepada satpol PP tidak mencerminkan pakaian kebesaran yang ia kenakan.

Namanya juga PSBB main-main dan protap covid main-main kenapa kita anggap serius? Kita serius untuk diri sendiri saja tidak usah untuk orang lain.

Ahmad Tsauri

Pernah belajar di MHM Lirboyo

View all posts by Ahmad Tsauri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *