Kisah Orang Kaya Raya Anaknya Buta Minta Doa Habib Sholeh Tanggul

Ilustrasi; bangkit media

Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid Tanggul Jember Jawa Timur dikenal sosok ulama besar yang masyhur namanya di berbagai penjuru Nusantara dan dunia. Sosoknya penuh kasih sayang, menyapa siapa saja yang datang kepadanya. Tamunya bukan saja para ulama dan pejabat, tapi juga warga kecil dari berbagai pelosok desa dan kampung. Siapa saja dilayaninya dengan ramah dan kasih sayang.

Pada suatu hari, Habib Salim bin Ahmad bin Jindan (kakek Habib Jindan bin Nouval bin Salim bin Jindan) beliau didatangi oleh seorang muhibbin yang meminta doa kepada beliau. Laki-laki muhibbin ini seorang yang kaya, dia memiliki seorang anak gadis yang cantik tetapi buta matanya. Sudah berobat ke luar negeri dan lainya, namun semua dokter angkat tangan, menyerah.

Lalu ia datang kepada Habib Salim bin Jindan minta doa untuk putrinya agar Allah berikan kesembuhan untuk putrinya yang buta. Spontan Habib Salim berkata,

“Kalau urusan ini, urusannya Habib Sholeh Tanggul. Biar nanti saya antar bertemu dengan Habib Sholeh.”

Singkat cerita, bertemulah sang bapak dan putrinya yang buta dengan Habib Sholeh di rumah beliau di Tanggul Jember. Lalu putrinya didoakan oleh Habib Sholeh Tanggul yang masyhur dengan do’anya yang selalu diterima oleh Allah Swt. Maka pulanglah mereka kembali ke Jakarta.

Beberapa malam kemudian, sang putri yang buta sedang tidur lalu ia bermimpi didatangi oleh laki-laki berpakaian serba putih dengan jubah serta sorban dan imamahnya. Kemudian lalu laki-laki tersebut membawa semacam las karbit yang apinya menyala-nyala kemudian mengelas kedua mata sang gadis buta itu. Betapa kaget dan ketakutannya gadis tersebut, ia menjerit jerit saking ketakutannya mengalami peristiwa dalam mimpi yang dirasakannya seperti nyata.

Datanglah ibu bapaknya ke kamarnya, lalu memeluk dan bertanya,

“Ada kok sampai menjerit jerit histeris?”

Lalu sang gadis yang buta sambil menangis terbuka matanya yang buta, tiba-tiba kontan matanya bisa melihat kembali seperti sedia kala. Lalu ia ceritakan mimpinya tersebut kepada kedua orang tuanya yang mana ia telah bertemu dan diobati oleh Habib Sholeh Tanggul di alam mimpi.

Itulah salah satu karomah Habib Sholeh Tanggul. Walaupun mempunyai doa secepat kilat, beliau tetaplah sosok ulama yang tawadlu dan penuh kasih sayang. Sehari-hari selalu hadir kepada siapa saja yang sedang kesusahan dan kerumitan.

Demikian Kisah Orang Kaya Raya Anaknya Buta Minta Doa Habib Sholeh Tanggul, semoga bermanfaat. (Tulisan ini sebelumnya dimuat di Bangkit Madia)

(Abu Umar)

Related Posts