Gus Mus yang Konsisten Mengkampanyekan Taat Protokol Kesehatan - Atorcator

Gus Mus yang Konsisten Mengkampanyekan Taat Protokol Kesehatan

Saya rasa tak ada yang lebih masif, konsisten sabar dan terus mewanti-wanti dari seorang penyair sekaligus kiai dan mustasyar PBNU dalam mengkampanyekan gerakan memakai masker. Pandemi sudah berlangsung 6 bulan dan sama sekali belum melihat penurunan data yang signifikan yang ada malah meningkat. Tiap pagi, buka HP seperti sarapan data. Tak bisa dipungkiri, pandemi ini memang jahat dan ganas.

Saya sebagai orang awam, tidak tahu harus bagaimana menyikapi masyarakat yang masih abai dengan protokol kesehatan. Seolah-olah sudah tak lagi melihat tanda-tanda tunduk pada pemerintah. Seolah-olah tak ada lagi tanda-tanda ia peduli dengan kemanusiaan.

Saya merasa, akhir-akhir ini pejabat negara masih saling jegal, tak ada kekompakan yang diperlihatkan untuk kebaikan rakyatnya dalam menangani pandemi. Kontroversial kebijakan dari satu tempat ke tempat lain terus dipertontonkan ke masyarakat, nggak saling dukung, yang ada malah nyari panggung. Wajar klo masyarakat eneg melihat drama mereka. Omongan para elit tak mencerminkan kerja yang sesungguhnya. Kerjaaanya ribut mulu. Yang ada masyarakatnya pecah. Dan itu bisa ngaruh pada tingkat kepatuhan masyarakat.

Klo ia, mari tunduk saja kepada tokoh agama, kiai dan ulama yang peduli dengan kesehatan dan masih terpancar kasih sayang mereka kepada Ummat untuk terus mendidik ilmu dengan baik dan benar.

Mungkin sama dengan sebagian orang, memakai masker itu memang bikin sesak nafas, bahkan juga ada yang memiliki perasaan terasing karena merasa berbeda sendiri (memakai masker sendiri) dari kelompoknya. Parahnya, kadang yang memakai masker seringkali dianggap gaya dan sok gaya. Himpitan² luar yang bikin kita tidak pede bermasker itu ada dan nyata.

Postingan media sosial Gus Mus tak henti-hentinya mengkampanyekan dan mempraktikkan apa yang menjadi kewajiban beliau sebagai tokoh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Coba aja lihat postingan terakhir beliau di Instagram. Betapa beliau sangat perhatian dan cinta kasih tercurahkan untuk masyarakat, santri yang dipimpinnya.

Lewat Instagram, Twitter, Facebook Gus Mus selalu mengajak masyarakat untuk tetap tertib protokol kesehatan. Dengan postingan foto beliau yang memakai masker menyimpan pesan moral bahwa kita harus terus bermasker di tengah kejamnya virus Corona ini.

Semenjak pandemi masuk Indonesia, terus meningkat dan banyak memakan korban Gus Mus menggencarkan gerakan memakai masker. Seperti ajakan Gus Mus yang lewat Instagramnya 26 Mei 2020 lalu “Aku menyayangimu dan menghormatimu, maka aku memakai masker. Mari galakkan memakai masker”.

komentar

Related Posts