Andai Abu Jahal Mau Memandang Rasulullah ﷺ - Atorcator

Andai Abu Jahal Mau Memandang Rasulullah ﷺ

Di ceritakan, bahwa Sultan Mahmud al-Ghaznawiy pernah sowan pada Syaikh Abi al-Hasan al-Kharqaniy Qaddasa Sirrahu dan duduk sejenak sembari bertanya: “Wahai Syaikh ceritakan padaku sedikit profil dari Syaikh Abi Yazid al-Basthamiy?”.

Syaikh Abi al-Hasan al-Kharqaniy menjawab: “Beliau adalah sosok (ulama), barang siapa yang pernah melihatnya maka ia akan mendapat petunjuk.”

Lantas Sang Sultan balik bertanya: “Bagaimana ini bisa terjadi? Bukankah Abu Jahal pernah melihat Rasulullah ﷺ? Tapi nyata ia tidak bisa selamat dari kesesatannya.”

Syaikh Abi al-Hasan al-Kharqaniy menjawab: “Abu Jahal tidak pernah melihat Rasulullah ﷺ sebagai utusan Allah ﷻۢ tetapi ia memandang Rasulullah ﷺ sebagai Muhammad bin Abdullah, anak yatim yang di asuh Abi Thalib ra. Seandainya Abu Jahal mau memandang Rasulullah ﷺ sebagai utusan Allah ﷻۢ atau dengan kata lain seandainya ia mau memandang Rasulullah ﷺ sebagai utusan yang menuntun pada jalan petunjuk bukan memandang-Nya sebagai manusia yatim piatu, niscaya ia memperoleh keberuntungan.

Waallahu A’lamu

Referensi:

📌 Syaikh Ismail Haqqi al-Barusawiy| Tafsir Ruhu al-Bayan| Daru al-Fikr jilid 7 hal 227-228.

komentar

Related Posts