Kenapa Abu Jahal Tidak Bisa Beriman? - Atorcator

Kenapa Abu Jahal Tidak Bisa Beriman?

Di ceritakan, bahwa Sultan Mahmud al-Ghaznawiy pernah sowan pada Syaikh Abi al-Hasan al-Kharqaniy Qaddasa Sirrahu dan duduk sejenak sembari bertanya: “Wahai Syaikh ceritakan padaku sedikit profil dari Syaikh Abi Yazid al-Basthamiy?”.

Syaikh Abi al-Hasan al-Kharqaniy menjawab: “Beliau adalah sosok (ulama), barang siapa yang pernah melihatnya maka ia akan mendapat petunjuk.”

Lantas Sang Sultan balik bertanya: “Bagaimana ini bisa terjadi? Bukankah Abu Jahal pernah melihat Rasulullah? Tapi nyata ia tidak bisa selamat dari kesesatannya.”

Syaikh Abi al-Hasan al-Kharqaniy menjawab: “Abu Jahal tidak pernah melihat Rasulullah sebagai utusan Allah, tetapi ia memandang Rasulullah sebagai Muhammad bin Abdullah, anak yatim yang di asuh Abi Thalib ra. Seandainya Abu Jahal mau memandang Rasulullah sebagai utusan Allah atau dengan kata lain seandainya ia mau memandang Rasulullah sebagai utusan yang menuntun pada jalan petunjuk bukan memandang-Nya sebagai manusia yatim piatu, niscaya ia memperoleh keberuntungan.

Waallahu A’lamu

Referensi:

📌 Syaikh Ismail Haqqi al-Barusawiy| Tafsir Ruhu al-Bayan| Daru al-Fikr jilid 7 hal 227-228.

komentar

Related Posts