Totalitas Peserta KKN Posko VII STIT Aqidah Usymuni

Ilustrasi: Z/peserta KKN sedang menggeling padi bersama masyarakat

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di delapan desa di Kecamatan Batu Putih, Sumenep. Desa Bulla’an ditempati oleh peserta KKN POSKO VIII yang semuanya mahasiswi. KKN ini diagendakan selama satu Bulan terhitung sejak 22 Ferbruari sampai 22 Maret 2021.

Tema KKN kali ini adalah pemberdayaan SDM Dalam meningkatkam potensi desa Di tengah Pandemi Covid-19. Hal ini dimaksudkan mahasiswa peserta KKN memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan SDM desa di tengah problem global, covid-19.

Shulhan M. Pd sebagai dosen pendamping lapangan (DPL) berpesan kepada peserta KKN agar melaksanakan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. “Program yang kalian laksanakan hendaknya sesuai kebutuhan masyarakat di sini. Mereka harus dilibatkan dalam penyusunan program”, pesannya.

Untuk itu, peserta KKN POSKO VII totalitas dalam melaksanakan tugasnya. Mereka berbaur dengan masyarakat setempat agar mendapat inspirasi untuk membuat program yang sesuai kebutuhan mereka.

Posko VII meskipun semuanya perempuan, mereka tidak tanggung melangkah. Mereka menyatu dengan masyarakat bahkan dalam kegiatan panen padi milik warga.

Mereka tidak canggung menggiling padi atau memindahkan dari sawah ke penggilingan.

Menurut Shulhan, saat dihubungi mengatakan bahwa pendidikan tidak boleh membuat mahasiswa berjarak dengan realitas masyarakat.

“Mereka dididik agar berkontribusi positif di tengah masyarakat. Kehadirannya di desa Bulla’an semoga ada perubahan yang lebih baik walaupun sedikit”, ucap Direktur Shulhan Society School itu

Related Posts