Melihat Dunia dari Sisi Lain

Ilustrasi:s/Boombastis.com

Prancis sebagai negara bisa membuat sebagian besar rakyatnya makmur katanya karena keadilan, iya itu jika kita berbicara tentang politik dalam negerinya, kalau mau tau wajah prancis sebenarnya jangan tanya pada orang prancis, tapi tanyalah pada orang afrika barat, apa yang mereka lakukan disana. Amerika sebagai sebuah negara juga bisa membuat sebagian besar rakyatnya merasakan yang namanya kemanusiaan, tapi itu jika berbicara tentang politik dalam negeri, tapi jika mau melihat wajah kemanusiaan amerika sebenarnya maka tanyalah pada orang iraq, suriah atau iran. Iya keadilan dalam negeri yang dibangun atas kezaliman pada ratusan juta penduduk negara lain. Iya kemanusiaan dalam negeri yang berdiri atas penderitaan orang lain. Semu bro!!

Mereka seenaknya saja mengembargo makanan pokok, kebutuhan medis, ekonomi negara orang lain dengan alasan apapun itu, tanpa peduli bagaimana nasib rakyat satu negara. Mereka seenaknya mengirim alat perang paling canggih untuk menghancurkan bangunan bahkan nyawa jutaan penduduk sebuah negara. Makanya aku tidak pernah bisa percaya jika ada orang yang membesar-besarkan kesuksesan mereka dalam kebebasan, apalagi kemanusiaan, ibarat perampok yang mengambil harta orang tak bersalah lalu membunuh mereka, dengan rampasan itu dia menghidupi keluarganya, mendidik anaknya sampai sukses, lalu dia dianggap sebagai kepala keluarga teladan. Apa-apaan.

Jika Jepang dan korea berbicara tentang kemanusiaan dan keadilan aku bisa percaya, walau gak sempurna dan kadang juga ada yang dikorbankan, tapi itu sangat bisa dijadikan contoh, dunia ya seperti itu. Tapi tidak dengan dua negara tadi. Mereka perampok dan pembunuh yang memakai hasil rampokan itu untuk membuat keluarganya makmur walaupun ratusan keluarga lain menderita. Aku tidak berbicara tentang orang amerika dan perancis, mereka kadang juga tidak tau apa-apa tentang ini, sebagian besar mereka juga orang yang beneran baik sebagaimana penduduk negara lain, tapi kita berbicara tentang pemerintahan negara yang terus menerus diwariskan dengan sistem yang sama.

Dan itu mungkin hanya bisa dirasakan oleh orang yang melihat peperangan secara langsung, peperangan yang mengorbankan ratusan ribu penduduk negara lain, demi mensejahterakan negara sendiri. Sesekali lihatlah dunia dari sisi para korban. Bukan dari sisi perampok, kita akan melihat dunia dengan sudut pandang berbeda, terutama dunia yang dianggap dibanggakan sebagai simbol kesejahraan, keadilan dan kemanusiaan.

Related Posts