Pesantren Ramadan (4) Keutamaan Ziarah Kubur

Ilustrasi: Ubaidillah (Redaktur Atorcator)

Ziarah kubur merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam, terlebih mengunjungi makam orangtua, para habib, para wali serta para kiai. Ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia di sisi Allah sebagai bentuk penghormatan bagi orang yang sudah meninggal.

Anjuran melakukan ziarah kubur ini terdapat dalam kitab Riyadush Sholihin bab 66, bahwa Rasulullah bersabda:

عن بُرَيْدَة – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رسول الله – صلى الله عليه وسلم: «كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عن زِيَارَةِ القُبُورِ فَزُوروها (رواه مسلم)
وفي رواية فمن اراد أن يزور القبور فليزر فإنّها تذكّر الآخر

“Sesungguhnya aku dahulu telah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah karena akan bisa mengingatkan kalian kepada akhirat dan akan menambah kebaikan bagi kalian.” (HR. Muslim)

Dalam suatu riwayat yang lain: “Maka, barang siapa yang ingin berziarah, maka lakukanlah. Sesungguhnya ia mengingatkan akhirat.

Dapat kita pahami bahwa hadis tersebut memanglah merupakan salah satu dalil yang menganjurkan kita untuk melakukan ziarah kubur. Meskipun ada sebagian orang-orang yang tidak setuju dengan bolehnya ziarah kubur. Sehingga mereka menganggap bahwa ziarah kubur adalah bid’ah. Hal ini sangatlah tidak benar.

Seperti dikutip dari https://islam.nu.or.id anjuran untuk menziarahi kuburan orang-orang shalih ataupun menziarahi kuburan orang Islam secara umum, juga di paparkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin.

زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار

“Ziarah kubur disunnahkan secara umum dengan tujuan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, dan menziarahi kuburan orang-orang shalih disunnahkan dengan tujuan untuk tabarruk (mendapatkan barakah) serta pelajaran,” (Al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Dien, juz 4, hal. 521).

Sebenarnya ziarah kubur itu bukan hanya untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal. Melainkan juga untuk mendapatkan aliran barokah, serta sambungan doa orang yang diziarahi. Seperti halnya ziarah pada makam para habib, para wali serta para ulama-ulama yan lain. Sebagaimana dalam ceramah KH. Zainuri Sufyan Situbondo pada bulan Maret 2021 kemarin di pasarean (Asta) Sayyid Yusuf Kalianget, menyuruh pada orang-orang yang mau ziarah untuk berniat “mengharap barokah serta mengharap keutamaan-keutamaan yang Allah berikan kepada orang yang diziarahi”.

Related Posts