Ujian Blended di MI Ar-Rasyid

Ilustrasi: Siswa MI Kelas VI Ar-Rasyid tengah melaksanakan Ujian Madrasah (UM)

MI Ar-Rasyid yang terletak di Dusun Laok Lorong Desa Duko Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep melaksanakan Ujian Madrasah (UM) secara blended. Ujian dijadwalkan berlangsung tanggal 1-9 April di ruang ujian MI Ar-Arasyid.

Tujuan UM yang diikuti oleh 23 siswa tersebut sebagai salah satu alat ukur untuk menentukan lulus tidaknya peserta didik. “Ujian ini berfungsi sebagai salah satu unsur penilaian kelulusan kelas VI untuk bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya”, ucap Kepala MI Ar-Rasyid, Fadlillah.

UM tersebut dilaknakan secara blended (kombinasi online-offline). Soal-soal ujian dikerjakan oleh siswa dengan perangkat digital. Peserta ujian mengerjakan ujian menggunakan smart phone. Namun pelaksanaannya tetap di sekolah.

“Meskipun ujian ini dilaksanakan secara online, namun mereka tetap wajib hadir ke madrasah dan melaksanakan ujian bersama-sama di sini”, Ungkap, Direktur Shulhan Society School, Shulhan mewakili pengasuh Ar-Rasyid.

Ujian dengan cara blended dipilih untuk memudahkan mengatasi kendala teknis yang terjadi seperti HP tidak tersambung internet atau signal tiba-tiba hilang. “Kami pilih cara blended karena mengantisipasi terjadinya gangguan seperti signal trouble“, Kupas Operator Madrasah, Suhep.

Teknik ini ditempuh sebagai bentuk penyesuaian dengan trend teknologi yang berkembangan dan memperhatikan kondisi sosial masyarakat sekitar.

Related Posts