Berkah Ramadan (30) Manfaat Asmaul Husna: “Ya Rahmaan Ya Rahiim”

Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim adalah dua kata dari salah satu 99 nama Allah, yang artinya Maha Pemurah dan Maha Penyayang.

Dari dua arti di atas, dapat kita pahami bahwa, Allah SWT senantiasa memberikan limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita sebagai makhluk-Nya melalui nama-Nya yang agung. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-quran:

وَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌۚ لَآاِلٰهَ اِلَّا هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ ࣖ

“Dan Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. (QS. al-Baqarah ayat 163)

هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏

“Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.” (QS. al-Hasyr ayat 22)

وَلِلّٰهِ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى فَادۡعُوۡهُ بِهَا‌ ۖ وَذَرُوا الَّذِيۡنَ يُلۡحِدُوۡنَ فِىۡۤ اَسۡمَآٮِٕهٖ‌ ؕ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ‏

“Dan Allah memiliki Asma’ul-Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. al-A’raf ayat 180)

Adapun keutamaan dua lafadz Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim ini sangatlah banyak. Di antaranya dalam kitab Manbaul Usulul hikam karya Imam Ahmad Bin Ali Al Buni, yaitu, Allah selalu menyayangi kita dalam segala urusan (lahir dan batin), disukai oleh banyak orang, selalu dalam ridha Allah SWT, doanya mudah terkabulkan, dan sebagai obat bagi orang yang sakit.

Dalam keterangan lain juga dijelaskan bahwa, barang siapa yang mengamalkan atau membaca “Yaa Rahmaan” 500x setelah selesai sholat lima waktu, maka hati kita akan menjadi terang, tenang & sifat-sifat pelupa & gugup akan hilang dengan izin Allah.

Sedangkan bagi orang yang membaca “Yaa Rahiim” 100x setiap hari, InsyaAllah kita akan mempunyai daya penarik yang besar sekali hingga manusia merasa cinta & kasih serta sayang terhadap kita.

Dan dalam buku “Sejarah Keutamaan Istighfar” keutamaannya lafadz ini adalah selain doa yang kita panjatkan mudah terkabul, kita juga akan mendapatkan keselamatan dan rasa aman, tentram dalam kehidupan.

Related Posts