Pesantren Ramadan (25) Keutamaan Shalat

Ilustrasi: Ubaidillah (Redaktur Atorcator)

Di dalam agama Islam terdapat ajaran-ajaran yang wajib dilaksanakan, adapula yang sunah dilakukan. Perkara yang wajib jika dilakukan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan mendapatkan dosa. Berbeda pula dengan perkara sunah, ketika dilaksanakan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.

Kewajiban mutlak yang ditetapkan dalam syariat Islam, wajib dilaksakan oleh semua umat Islam. Adapun salah satu kewajiban mutlak dalam Islam adalah menegakkan shalat sehari semalam yang disebut shalat lima waktu. Shalat lima waktu terdiri dari sholat subuh (dua rakaat), dzuhur (empat rakaat), ashar (empat rakaat), maghrib (tiga rakaat), dan isya’ (empat rakaat), serta sholat jum’at (dua rakaat).

Shalat merupakan suatu perkara yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam. Shalat adalah salah satu keistimewaan bagi umat Islam. Di dalamnya memiliki suatu keutamaan yang luar biasa tatkala dilakukan sesuai tuntunan syariat Islam. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW, dalam kitab Riyadhus Sholihin bab 187 bahwa

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه – قَالَ: سَمِعْتُ رسولَ الله – صلى الله عليه وسلم – يقول: «أرَأيْتُمْ لَوْ أنَّ نَهْرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ، هَلْ يَبْقَى مِنْ دَرنهِ شَيْءٌ؟» قالوا: لا يَبْقَى مِنْ دَرنهِ شَيْءٌ، قَالَ: «فَذلِكَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الخَمْسِ يَمْحُو اللهُ بِهِنَّ الخَطَايَا». متفقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: “Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: “Adakah engkau semua mengetahui, andaikata pada pintu seseorang di antara engkau semua itu ada sebuah sungai dan ia mandi disitu sebanyak lima kali dalam sehari, apakah masih ada kotoran sekalipun sedikit yang tertinggal di badannya?” Para sahabat rnenjawab: “Tidak ada kotoran sedikitpun yang tertinggal di badannya.” Beliau s.a.w. lalu bersabda: “Demikian itulah perumpamaan shalat lima waktu, dengan mengerjakan semua itu Allah akan menghapuskan semua kesalahan.”

Keutamaan sholat yang disebutkan dalam hadis Nabi SAW, di atas dapat menghapus kotoran-kotoran (dosa) sebelumnya yang melekat pada tubuh kita. Terkecuali dosa-dosa besar.

Keutamaan sholat yang disebut dalam hadis lain adalah penghibur jiwa, mencegah perbuatan keji dan mungkar, Penolong, dan kebaikan yang banyak. Sungguh suatu keistimewaan dan kenikmatan luar biasa yang Allah berikan pada umat Islam. Maka dari itu kita harus bersyukur dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

Semoga Allah SWT, membantu dan menolong kita agar mampu khusyu’ dalam mengerjakannya. Amin Ya Rabbal Alamin.

Related Posts