Akhlak Paling Utama

Baru saja ada tamu dari jauh untuk silaturrahim. Kami ngobrol aneka ragam. Aku mengatakan : kaum muslim di manapun dan kapanmu berkomitmen mengikuti dan mencintai Nabi Muhammad. Beliau adalah pribadi idola dengan akhlaknya yang paripurna. Tidak ada nama orang di dunia ini yang paling banyak disebut dan didoakan selain beliau. Kata-kata, tindakan dan sikap beliau ditaati dan ditiru umatnya. Apa saja yang dipakai beliau ditiru. Lalu aku menyampaikan sebuah hadits, yang berisi pesan beliau kepada sahabatnya, Uqbah bin Amir.

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رضی الله عنه قَالَ: لَقِيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص فَبَدَرْتُهُ فاَخَذْتُ بِيَدِهِ وَ بَدَرَنِى فَاَخَذَ بِيَدِى فَقَالَ: يَا عُقْبَةُ، اَلاَ اُخْبِرُكَ بِاَفْضَلِ اَخْلاَقِ اَهْلِ الدُّنْيَا وَ اْلآخِرَةِ؟ تَصِلُ مَنْ قَطَعَكَ وَ تُعْطِى مَنْ حَرَمَكَ وَ تَعْفُوْ عَمَّنْ ظَلَمَكَ. اَلاَ وَ مَنْ اَرَادَ اَنْ يُمَدَّ فِى عُمُرِهِ وَ يُبْسَطَ فِى رِزْقِهِ فَلْيَصِلْ ذَا رَحِمِهِ. الحاكم 4: 178

Dari Uqbah bin Amir : Suatu hari aku bertemu Rasulullah Saw. Aku segera menghampiri dan memegang tangannya dan beliau memegang tanganku. Beliau mengatakan “Uqbah, apakah kamu ingin aku beritahu akhlak paling utama penghuni dunia dan penghuni akhirat?. “Tentu saja, wahai Nabi”, jawab Uqbah. Nabi mengatakan : “Ia adalah menjalin kembali hubungan persaudaraan yang putus, menyantuni orang yang menolak memberimu dan memaafkan orang yang menganiayamu. Ketahuilah, siapa saja yang ingin dipanjangkan umurnya dan banyak rizki, maka hendaklah silaturrahim”.

Nah, kira-kira ada tidak atau seberapa banyak orang dari umatnya yang bisa mengikuti petunjuk atau tawaran beliau yang indah itu?.
Tamu itu geleng-geleng kepala. Aku tak tahu arti gerak tubuh itu.

07.06.21
HM

Related Posts