Keutamaan Menghafal Al-Qur`an (Part 1)

Dewasa ini umat Islam semakin banyak yang berobsesi menghafal Al-Qur`an. Tidak hanya usia anak-anak saja, tapi ada juga yang sudah berusia lanjut. Karena banyak hikmah yang dapat dipetik. Perkenankan saya sharing 13 keutamaan Menghafal Al-Qur`an. Pertama : Hati seorang individu Muslim tidak kosong dari Kitab Allah. Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas secara marfu’,”Orang yang tidak mempunyai hafalan Al-Qur`an sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh”. (HR At-Tirmidzi).

Kedua: Memperoleh penghormatan dari Rasulullah SAW. Dari Abi Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW mengutus satu utusan yang terdiri dari beberapa orang. Kemudian Rasulullah SAW mengecek kemampuan membaca dan hafalan Al-Qur`an mereka. Setiap orang di antara mereka ditanya sejauh mana hafalan Al-Qur`annya. Kemudian seorang yang paling muda ditanya oleh Rasulullah, “Berapa banyak Al-Qur`an yang telah engkau hafal, hai Fulan?” Ia menjawab, “Aku telah menghafal surah ini dan surah ini, serta surah Al-Baqarah.” Rasulullah kembali bertanya, “Apakah engkau hafal surah Al-Baqarah?”Ia menjawab, “Betul”, Rasulullah bersabda, “Pergilah, dan engkau menjadi ketua rombongan itu!”

Salah seorang dari mereka yang terhormat berkata, “Demi Allah, aku tidak mempelajari dan menghafal surah Al-Baqarah semata karena takut aku tidak dapat menjalankan isinya.”Mendengar komentar itu, Rasulullah bersabda, “Pelajarilah Al-Qur`an dan bacalah, karena perumpamaan orang mempelajari Al-Qur`an dan membacanya, adalah seperti tempat bekal perjalanan yang diisi dengan minyak misik, wanginya menyebar kemana-mana. Sementara orang mempelajarinya kemudian dia tidur dan dalam dirinya terdapat hafalan A- Qur`an adalah seperti tempat bekal perjalanan yang disambungkan dengan minyak misik”. (HR At Tirmidzi)

Wallahu a’alam bish shawab. Keutamaan selanjutnya akan di-posting kemudian.
Semoga bermanfaat.
Yogyakarta, 6 Juni 2021

Related Posts