Kisah Karomah Al-Imam Al-Qutb Al-Ghoust Al-Habib Abu Bakar Bin Muhammad Bin Umar Assegaf (Maula Gresik)

Ilustrasi: Nusagates Institute

Pada zaman Al-Habib Muhammad bin Ali bin Abdurahman Al-Habsyi (Kwitang Jakarta), Habib Muhammad Kwitang mau melunaskan sebuah rumah untuk keperluan perluasan majelis. Pada saat itu Habib Muhammad janji mau melunasi rumah tersebut namun uang yang ditunggu” belum juga datang (ada orang dari Saudi yang janji mau bayarkan tapi waktu yang di tentukan belum juga kirim uangnya).

Karena waktu yang di tentukan sudah jatuh tempo, akhirnya Habib Muhammad kwitang langsung pergi ke surabaya untuk ziarah ke Al Imam Al-Qutub Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik. Berangkatlah Habib Muhammad kwitang dari stasiun senen menuju surabaya, sampai dipertengahan pulau Jawa, Habib Muhammad tertidur di dalam kereta, dalam tidurnya Habib Muhammad kwitang bermimpi jumpa dengan Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik, dan Habib Abu Bakar di dalam mimpinya berpesan:
” Yaa (Habib) Muhammad, kembalilah ke Jakarta, uang yang kamu tunggu-tunggu sudah ada dirumahmu”

Bangunlah Habib Muhammad dalam tidurnya dan karena masih setengah perjalanan menuju ke Surabaya, akhirnya Habib Muhammad berhenti di stasiun terdekat untuk kembali ke Jakarta .

Sampai di Jakarta Habib Muhammad langsung bertanya kepada orang-orang rumah dimana uang tersebut, orang-orang rumah jawab tidak ada yang datang bawa uang Habib, cuma tadi ada tukang pos ngirimin sebuah amplop, lalu Habib Muhammad buka amplop tersebut dan ternyata isi amplopnya adalah sebuah cek kontan dari Saudi.

Subhanallah ternyata Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf sudah tahu niat dari Habib Muhammad bin Ali Al-Habsyi Kwitang ingin datang ziarah ke Gresik, Ini yang dinamakan “Qulubul Aarifiin laha uyunu taro ma La yaraw Annazdiruuna” yang artinya Hati mereka para Arifbillah (wali Allah) mampu melihat apa-apa yang tidak bisa dilihat oleh orang banyak.

(Cuplikan ceramah Habib Ahmad bin Ali bin Abdurahman Assegaf di Maqom Cikini)

​اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Al-Fatihah.

Related Posts