Kisah Rasulullah Membuka Kunci Kubah dengan Bismillah

Rasullah SAW. Bercerita, “Di malam saat aku isro’ mi’roj, aku melihat empat buah sungai di surga.

Sungai Air.

Sungai Susu.

Sungai Khomr.

Sungai Madu.

Lalu aku bertanya pada Malaikat Jibril, “Wahai (malaikat) Jibril, Dari mana sumber sungai-sungai itu, dan kemana akan mengalir..?”

“Sungai itu mengalir ke telaga Kautsar, tapi saya tidak tahu dari mana sungai-sungai itu mengalir. Maka berdoalah kepada Allah agar Allah mau memberi tahu atau mau memperlihatkan padamu dari mana sungai-sungai itu mengalir.” Jawab malaikat Jibril

Kemudian Beliau SAW berdoa, dan datanglah seorang malaikat. Malaikat itu lalu menyuruhku untuk memejamkan mata, kemudian aku pejamkan mataku, dan malaikat itu menyuruhku untuk membuka kembali mataku.

Saat ku buka mataku, aku tiba-tiba ada di dekat sebuah pohon, dan aku melihat sebuah kubah putih yang terbuat dari mutiara. Yang seandainya seluruh penduduk bumi, baik jin dan manusia berkumpul dan di letakkan di kubah itu, maka niscaya mereka hanya terlihat seperti seekor burung yang duduk di atas sebuah gunung.

Dan kubah itu memiliki sebuah pintu warna merah dari emas, tetapi pintu itu terkunci. Dan aku melihat ke empat buah sungai itu mengalir dari bawah kubah tersebut.

Saat aku hendak pergi, malaikat itu berkata padaku, “Mengapa engkau tidak masuk kedalamnya..?

“Bagaimana aku bisa masuk, pintunya terkunci, dan aku tidak memiliki kuncinya.” Jawabku.

Malaikat itu lalu bekata “Kuncinya adalah Bismillahirrahmanirrahim

Saat aku mendekati kunci itu, aku membaca “Bismillahirrahmanirrahim” kemudian kunci itu terbuka, dan aku masuk kedalam kubah itu. Didalamnya aku melihat ” بسم الله الرحمن الرحيم ” tertulis di keempat sudut kubah itu, dan aku melihat sungai air bersumber dari lubang Mimnya lafaz Bismi, sungai susu bersumber dari Hã’nya lafadz Allah, sungai khomr keluar dari Mimnya Arrahman, sungai madu keluar dari mimnya lafadz Arrahim

Maka aku tahu kalu ke empat buah sungai itu mengalir dari lafadz Basmalah. Kemudian Allah berfirman “Wahai(Nabi) Muhammad, siapapun di antara umatmu yang mengingatku (berdzikir) dengan hati yang ikhlas, dan dia membaca Bismillahirrohmanirrohim, maka aku akan memberinya minuman dari sungai-sungai ini.”

Dalam suatu riwayat di sebutkan “Tidak akan pernah di tolak doa yang diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim

Wallahu A’lam

( Refrensi: Kifayatul atkiya’ hal: 05)

Related Posts