Studi Pengantar Fiqh Mazhab Syafi’i

Ternyata, lumayan banyak juga yang termotivasi untuk belajar fiqh mazhab Syafi’i karena terinspirasi oleh postingan-postingan kami dalam masalah ini (dan tentunya juga postingan ustad-ustad yang lain). Rata-rata, mereka menginformasikan hal ini lewat inbox, dm di Instagram, dan di kolom komentar.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami belum bisa menjawab pesan-pesan yang masuk satu persatu. Yang bisa dijawab pun hanya sebagian kecil saja. Hal ini bukan karena kami abai dengan pesan-pesan tersebut, tapi karena ada hal dan alasan lain yang tidak bisa untuk kami utarakan di sini. Sekali lagi, mohon maaf.

Untuk teman-teman yang berkeinginan untuk belajar fiqh mazhab Syafi’i, ada baiknya untuk terlebih dahulu mempelajari buku-buku pengantar menuju ke sana. Paling tidak, untuk mendapatkan informasi dan diskripsi global tentang apa dan bagaimana mazhab syafi’i serta para ulamanya. Buku-buku yang dikarang dalam tema ini sudah lumayan banyak.

Di antaranya yang paling dekat dan mudah (bukan bermaksud membatasi), adalah buku yang berjudul “Al-Madkhal Ilaa madzhab Al-Imam Asy-Syafi’i”, buah pena syekh DR. Akram Yusuf Umar Al-Qawasimi (seperti gambar terlampir). Buku ini di beri pengantar oleh Fadhilah Syekh Prof. DR. Mushthafa Sa’id Al-Khin (salah satu penyusun kitab Al-Fiqh Al-Manhaji).

 

 

 

Menurut hemat kami, buku ini sangat bagus. Bahasa pemaparannya mudah dipahami. Materi yang disajikan juga cukup lengkap. Untuk pembelajar pemula (seperti kami), sudah lebih dari cukup. Jika setelah khatam dari buku ini ingin mengembangkan lagi dengan mempelajari buku-buku yang lainnya dalam tema yang sama, tentu lebih afdal lagi.

Jika dirasa sudah mutqin (mantap) dalam satu mazhab, bisa melebarkan sayap untuk mempelajari pengantar mazhab fiqh yang lainnya, yaitu Hanafi, Maliki, dan Hanbali. Syekh Prof. DR. Ali Jum’ah hafizahullah, memiliki karangan yang cukup bagus di dalam masalah ini yang berjudul : “Al-Madkhal Ilaa Dirasah Al-Madzahib Al-Fiqhiah”. Kitab ini sarat dengan informasi ilmu dan faidah-faidah yang sangat berharga.

Semoga bermanfaat.

 

Related Posts