Kick Off Liga 1 20 Agustus? Ayok Pantang Percaya Aja

“PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Kami masih konsisten pada tanggal 20 Agustus Liga 1 akan bergulir,” ujar Yunus selaku Sekjen PSSI.

Kick off Liga 1 akan digelar pada 20 Agustus. Begitulah kabar atau berita terbaru dari sepak bola Indonesia yang sedang trending. 20 Agustus tahun berapa? Entahlah. Yang pasti menurut kita 2021.

Tapi, saya kok jadi bingung. Jangan-jangan ini sandiwara lagi? Nanti diundur lagi? Eh, kayaknya lebih baik pantang percaya dulu aja deh.

Setelah 500 hari helatan sepak bola sebagai pelepas dahaga masyarakat Indonesia vakum, tentu adanya kabar ini menjadi kabar hangat, menyejukkan dan tentu mengemberikan. Tapi kalau kita lihat di awal, masyarakat Indonesia memang sering diberi kabar-kabar seperti itu. “Kick off segera bergulir pada bla bla bla, kick off batal, gagal, ditunda, bla bla bla”.

20 Agustus itu belum tentu deal. Kalaupun salah satu klub Liga 1, Persib Bandung sudah siap memanggil para pemainnya yang sedang dipulangkan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Umuh Muchtar.

“(Persib akan memanggil pemain) harus segera, mungkin dua atau tiga hari ini akan dipanggil.”

Bisa-bisanya Pak Umuh ini yakin dengan bergulirnya Liga 1 yang akan distart pada 20 Agustus mendatang. Kenapa dia nggak mikir dulu, toh? Ini Bapak nggak takut dighosting, ya? Ngerri.

Begini, PSSI memang mengumumkan bahwa Liga 1 Indonesia akan berlangsung pada 20 Agustus mendatang. Namun tunggu dulu. Dalam berita resmi di laman pssi.org, Selasa (3/8/2021) hal itu belum mendapat rekomendasi atau penegasan secara pasti dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ini nih yang bikin kita ketawa.

Artinya, PSSI hanya berkoordinasi dengan Menpora dan Mabes Polri. Tidak dengan BNPB. Padahal menurut Pak Iriawan sendiri, selaku ketua umum PSSI dalam tv swastanya, liga akan berjalan jika ada rekomendasi dari BNPB.

Nah, apa yang akan terjadi di tanggal 20 Agustus? Benarkan helatan sepak bola Indonesia Liga 1 akan berlangsung sengit? Yang jelas belum pasti. Yang jelas dan yang pasti itu pada tanggal 20 Agustus adalah hari Jum’at. Atau tiga hari setelah hari Selesa sebagai hari HUT RI yang ke-76. Catat.

Soal kick off pada tanggal 20, itupun kalau enggak zona merah. Kalau misalkan pertandingan Madura vs Persebaya, sedangkan di Jawa Timur masih dalam tanda kutip zona merah, kayaknya Liga 1 akan kembali ditunda. Kalau enggak? Sepertinya ini keajaiban yang ditunggu-tunggu.

Ditambah lagi kepusingan kita dengan statemen Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita angkat bicara. Ia menyebut kalau surat rekomendasi dari BNPB hanya berlaku sampai 31 Juli 2021.

“Surat awal dari BNPB untuk menunda kompetisi itu sampai 31 Juli 2021. Kami merujuk surat BNPB yang terakhir,”

Tunggu saja di tanggal 20 Agustus atau tanggal 19 Agustus nanti. Ngapain mau repot-repot soal ini. Kalau ada atau kick off tanggal 20 itu, ya kita bersyukur. Kalau misalkan tanggal 19 ada info atau pengumuman dari PSSI “Diundur sampai batas yang tiada batasnya” kita tetap bersyukur. Enggak usah bunuh diri.

Intinya, sudahlah jangan panik. Misalkan digagalkan atau ditunda, hal tunda menunda sudah kerjaan mereka-mereka sejak dulu. Wes.

Related Posts