Perempuan Dapur Intelektual dan Dapur Hartawan

Kalau urusan dapur udah selesai ya senyumin aja. Prinsip keluarga saya dari dulu sederhana, selesaikan kewajiban rumah setelah itu bebas berinovasi dan berkreasi dengan semangat dan motivasi.

Perempuan punya hak mencari kebahagiaannya sendiri. Perempuan juga berhak mendapatkan apa yang mereka inginkan. So, lakukan apa yang membuat kita bahagia. Islam adalah agama pertama yang memberi hak perempuan untuk memiliki dan mewarisi kekayaan atau harta benda. Bahkan dalam beberapa jurnal penelitian ilmiah terakhir yang saya baca perempuan lebih dominan mewariskan kekayaan intelektual, kecerdasan kepada anak. Ini jelas, erat kaitannya dengan pendidikan perempuan.

Dalam seejarahnya ada beberapa perempuan yang memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam. Tidak sedikit dari mereka juga menjadi rujukan dan guru ulama laki-laki. Diantaranya adalah Aisyah ra., Sayyidah Sakinah putri Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib, Al-Khansa’, Rabi’ah Al-Adawiyah, dan lainnya.

Menurut Imam Abu Hayyan, ada tiga orang perempuan yang menjadi guru-guru para imam mazhab yaitu Mu’nisat Al-Ayyubiyah, Syamiyat Al-Taimiyah, dan Zainab putri sejarawan Abdul-Latif Al-Baghdadi. Termasuk Syaikhah Syuhrah yang menjadi salah seorang dari guru Imam Syafi’i.

So, soal kekayaan. Walaupun aslinya ya kewajiban suami. Tapi tak ada salahnya to sama-sama meringankan beban keluarga dengan izin suami. Siapa yang mau menyangkal manakala ada perempuan yang lebih aktif memberikan kesejahteraan kepada keluarga dan membuat keluarganya senang. Dan ini merupakan bentuk kerjasama yang baik dalam keluarga.

Omongan tetangga nggak usah didengerin. Selama kita masih dalam batas-batas wajar dan nggak menyalahi syariat losskan saja omongan orang lain. Kalau capek diem sendiri. Yang penting kita tetap berbuat baik kepada mereka sekecil apapun itu.

Kemajuan peradaban manusia tergantung pada kontribusi bersama dari bakat-bakat terbaik dari tiap orang, dari tiap generasi. Jangan sampai potensi terbaik tersia-sia hanya karena jenis kelamin yang berbeda.

Related Posts