Si Biru Sang Legend

 

Sekitar 8 tahun Honda Karisma ini menemani keseharian keluarga saya. Lebih tepatnya kakak saya. Honda karisma ini diakui atau tidak merupakan Honda legendaris yang keluar pada tahun 2003 klo nggak salah. Apa 2002 ya. Silakan bisa dikoreksi.

Dua tahun terakhir ini bapak saya mulai sadar pentingnya bisa naik motor sendiri. Akhirnya beliau belajar mengendarai Honda karisma ini. Tentu saja beliau kesulitan. Selain karena belajar naik motor di umur yang nyaris lansia ditambah body dari motor ini gemuk, besar, perseneling keras, body tebeng mudah lepas sehingga kadang muncul suara berisik, dan masih pakai rem tromol di belakang.

Banyak sekali orang menyarankan klo masih belajar disuruh pakek motor seperti tornado, bravo dll. Selain dari sisi body ringan perseneling juga nggak keras. Dan banyak orang berhasil belajar naik motor merek seperti itu. Tapi bapak saya seringkali nekat belajar dengan Honda karisma akhirnya bisa dan lumayan fasih. Walaupun jatuh bangun dari honda itu menjadi kenangan tersendiri. Luka di dengkul dan betis kenak panasnya knalpot juga sejarah pahit manis tersendiri. Akhirnya honda ini milik bapak saya.

Ketika saya pulang dari Malang, bapak saya seringkali bilang “udah lah pakai motor ini saja (Honda karisma), nggak usah beli dulu, uangnya disimpan, wong motor ini keren gagah dan kuat kok. Buktinya saya sering jatuh, motornya nggak papa, sayanya yang kenapa-kenapa. Urusan ngarit saya bisa jalan kaki dulu seperti jaman dulu, dulu nggak pakek motor sapi saya juga kenyang bankan jauh lebih gemuk”. Nah ini nih orangtua yang patut dicontoh. Sebagai anak yang ingin dianggap saleh, tentu saja saya manut terhadap titah orang tua. Sekaligus mungkin orang-orang menganggap tega terhadap orangtua. Ya nggak papa.

Kemudian belakangan ini muncul komentar dari kuping ke kuping “anak muda kok pakai motor lawas”. Mungkin karena seringnya melihat saya naik Karisma ini bolak-balik Pasongsongan-Batuan yang sekira menempuh perjalanan 29-30 Kilometer. Artinya saya menempuh perjalanan total 60 kilometer pulang pergi klo PP tiap hari.

Bahkan ketika honda karisma ini saya pajang di depan toko kakak saya kebetulan ada yang mau minjam “eh jangan motor itu, nanti mati tengah jalan, bensinnya boros”. kata orang-orang mengingatkan. Saya senyum-senyum saja. Mungkin belum tahu kelebihan motor ini. Yang dilihat hanya body yang lawas dan kuno, nggak kekinian banget seperti kebanyakan orang pakai.

Seandainya mereka tahu kelebihan motor ini mungkin komentarnya akan berbeda. Baik saya jelaskan. Honda karisma ini lahir tahun 2002-2003 artinya sudah berusia sekitar 19 tahun. Umur yang sangat tua untuk ukuran mesin yang hampir dipakai tiap hari.

Apakah pernah mogok? nggak pernah. Apakah boros bensin? tidak juga. Apakah pernah servis total? Oh tidak juga. Perlu anda tau Honda karisma memiliki suspensi yang enak, spidometer sudah digital, bagasi bawah jog lumayan besar dan cukup untuk menyimpan beras 6-7 kg. Mesin kuat dan energik. Dan betul pada akhirnya kita kembalikan pada perawatan masing-masing. Ya diservis dan ganti oli. Motor apapun itu.

Setelah saya tanya ke kakak saya Honda karisma ini nggak pernah punya masalah serius. Toh klo pun ada, semua mudah teratasi dengan biaya yang minimalis dan tak nggak banyak menguras isi dompet. Bayangkan 8 tahun nggak punya masalah serius. Lah hidup kita ini kadang yang terlalu banyak masalah, serius lagi. Honda karisma mah nggak.

Honda karisma ini memang nggak bisa dibawa kebut-kebutan seperti motor mereka-mereka itu. Honda karisma idealnya memang 60/jam. Jadi santai saja. Dinikmati. Sesekali juga bisa di atas 60 untuk membuktikan kebandelan mesin Honda Karisma ini. Nah jalan santai ini yang bikin Bensin awet dan motor bisa punya napas panjang. Masak harus kebut-kebutan kan nggak elok dilihat orang. Jadi motor apa saja klo dibawa kebut-kebutan pada akhirnya boros juga, apalagi dibuat bleyer-bleyeran.

Anak muda pakai Honda Karisma? Kenapa tidak? Jangan salah, Honda karisma ini banyak memberikan kontribusi besar dalam perjalanan karir saya khususnya. Termasuk soal pemasukan ke dompet yang nyaris fantastis. Motor nggak rewel, perawatan minimalis. Nggak papa motor lawas, motor yang sudah los pasar dan dianggap produk gagal klo ATM isinya 1 M, dan punya cita-cita menghajikan orangtua, lah terus Anda mau apa ? Ganti motor? Paten, tidak.

 

Related Posts