Pentingnya Memahami Rukun Iman dan Rukun Islam

Sewaktu kecil saya pernah bosan pada pelajaran rukun iman dan rukun islam. Untuk apa hal itu diulang-ulang terus untuk anak kecil? Sewaktu dewasa lah saya tahu alasan mengapa rukun iman dan rukun islam harus diajarkan sejak dini dan bahkan harus diulang dalam proses pendidikan selanjutnya.

Dulu di tahun 90-an dan awal 2000-an sempat ramai diskusi soal makna islam sebab seorang cendekiawan lulusan Barat mengartikan islam sebagai “kepasrahan pada Tuhan” semata. Akhirnya dia menyimpulkan bahwa agama yang diridai Allah adalah agama yang mengajarkan pasrah pada Tuhan, apa pun nama agamanya.

Tak peduli sebanyak apa pun ulasannya, sejauh apa pun kuliahnya, pembahasannya tetap rancu sebab cendekiawan ini melupakan rukun islam. Dia dan para pengikutnya lupa atau pura-pura tidak tahu bahwa yang namanya islam itu ketika kelima unsur rukun islam terpenuhi. (1) Dua kalimat syahadat (2) Shalat (3) Puasa (4) Zakat dan (5) Haji bila mampu. Satu poin saja diingkari, maka tidak bisa disebut islam.

Sebagian cendekiawan lain yang juga alumni luar negeri melarang orang islam menyebut non-muslim akan masuk neraka sebab katanya semua agama buatan Allah dan Allah yang akan memutuskan. Padahal keputusan Allah sudah dinyatakan dalam al-Qur’an sendiri tentang siapa yang beriman sehingga selamat dan siapa yang tidak beriman sehingga tidak selamat.

Tak peduli sepanjang apa dia menjelaskan dan sejauh apa dia kuliah, tetap saja penjelasannya absurd sebab dia melupakan rukun iman. Yang disebut beriman hanyalah orang yang meyakini enam poin: (1) Allah (2) Malaikat (3) Kitab-kitab Allah (4) Para Rasul (5) Kiamat (6) Qadla dan Qadar. Mengingkari satu poin saja tidak bisa disebut atau disetarakan dengan orang beriman.

Karena itu, tugas kita sekarang adalah memastikan generasi penerus kita hafal dan memahami rukun islam dan rukun iman. Jangan sampai mereka melupakan kebenaran sederhana ini. Apa gunanya mereka nanti punya gelar panjang tapi rukun iman dan rukun Islam saja tak paham.

Semoga bermanfaat

Related Posts