Cinta Habib Muhammad bin Husain Al-Habsyi Ditolak Sebab Buta Ilmu

Mevlana Museum, the mausoleum of Rumi in Konya, Turkey

Dikisahkan bahwa Habib Muhammad bin Husain Al-Habsyi melamar seorang wanita yang ia cintai, akan tetapi Habib Muhammad bin Quthbaan selaku ayah dari wanita itu menolak mentah-mentah lamaran Habib Al-Habsyi itu.

Sebab pada saat itu Habib Al-Habsyi masih buta dengan ilmu pengetahuan, sedangkan Ayah si wanita itu tidak akan mau menikahkan putrinya kepada seorang lelaki yang buta ilmu.

Ketika Habib Al-Habsyi mendengar penolakan dari ayah wanita yang ia cintai itu, maka Habib Al-Habsyi pun langsung terbakar semangatnya belajar dan berangkat menuntut ilmu dengan sangat semangat kepada para ulama.

Singkat cerita Habib Al-Habsyi pun telah menjadi seseorang yang sangat alim dan menguasai banyak ilmu-ilmu agama, bahkan telah menjadi Mufti di Hijaz (daerah Makkah Madinah)

Ketika Ayah si wanita tadi mengetahui tentang Habib Al-Habsyi seorang lelaki yang pernah melamar putrinya sangat kagum pada jiwa pejuang lelaki itu dan tidak malu-malu ia pun berguru kepada Habib Muhammad bin Husain.

Ayah dari wanita yang pernah menolak mentah-mentah lamaran Habib Al-Habsyi sebab kebutaan ilmu, sekarang telah menjadi murid dari Habib Al-Habsyi sebab telah menjadi seorang Alim Mufti Hijaz.

Sekianlah diantara kisah semangat juang sang pemuda dalam menuntut ilmu yaitu Habib Muhammad bin Husain yang merupakan Ayah dari Habib Ali Al-Habsyi yaitu pengarang kitab maulid yang masyhur yaitu Simthud Duror.

#Dengan Ilmu Seseorang Akan Mulia#

#Ketika Anda Jatuh, Maka Bangkitlah Dengan Melakukan Hal Yang Positif#

#Balaslah Ketidak Baikan Seseorang Padamu Dengan Memperbaiki Jiwa dan Akhlakmu Sendiri#

๐Ÿ“— Tuhfah Al-Asyroof Juz 2 Hal. 101.

Related Posts