Yang Benar Kata Musthafiyyah Atau Musthafawiyyah?

Tidak jarang kita mendengar kata Musthafawiyyah, akan tetapi pada kata ini dalam kaca mata gramatika bahasa arab masih ada kontroversinya, berikut ini wejangannya :

Dalam gramatika bahasa arab ketika kata benda (isim) yang maqshuur ashli (kata benda yang ada di akhirnya alif asli yang berbentuk ya) seperti kata Musthafa (مصطفى)

Ketika dimasukkan Yaa Nisbah pada kata itu maka ulama bahasa arab berbeda pendapat jika kata itu berjumlah lima huruf seperti kata musthafa, sebagai berikut :

1) Pendapat Imam Sibawaih Ra. dan mayoritas ulama lughoh adalah membuang hurfuf alif menjadi musthafiyyun (ٌّمُصْطَفِي)

مصطفى = مصطفي (حذف الألف)

٢) Pendapat Imam Yunus Ra. adalah boleh menukar huruf alif menjadi huruf waw, menjadi musthafawiyyun ( ٌّمُصْطَفَوِي)

مصطفى = ومصطفوي (قلب الألف واوا)

Sedangkan huruf ta yang ada pada akhir kata Musthafawiyyah (مصطفوية) adalah taa lil mubaalghoh (للمبالغة) yaitu banyak orang yang dihubungkan (dinisbahkan) kepada orang yang bernama Musthafa.

Seperti nama salah satu pondok di Sumatra Utara yang bernama Musthafawiyah, yaitu nama yang dihubungkan kepada pendiri pondok itu, yaitu Syaikh Musthafa Husain Nasution Ra.

فَإِن وَقعت الْألف خَامِسَة وَهِي منقلبة عَن أصل بعد مشدد نَحْو مصلى ومثنى فمذهب سِيبَوَيْهٍ وَالْجُمْهُور الْحَذف كحالها إِذا وَقعت خَامِسَة منقلبة عَن أصل وَلَيْسَ قبلهَا مشدد كمشترى فَإِنَّهُ لَا خلاف فِي حذفهَا وَمذهب يُونُس جعله مثل معطى وملهى فيجيز فِيهِ الْقلب كَمَا يُجِيز الْحَذف. [السيوطي، همع الهوامع في شرح جمع الجوامع، ٣٩٩-٣٩٨./٣]

Referensi :

📗 Syarah Ibnu Aqiil Juz 4 Hal. 155.

📗 Ham’ul Hawaami’ Lii Ash-Shuyuuthi Juz 3 Hal. 398-399.

Related Posts