Islam di Ukraina

Ilustrasi; arrahma.id

Islam sudah dipeluk masyarakat Ukraina sejak abad ke-9 M yang dibawa oleh para pedagang dan pendakwah saat melintas di jalur sutra. Islam di Ukrani mengalami pasang surut dan tercatat terakhir pada 2013 ada 100.000 penduduk kota Kiev, 100.000 warga Ukraina Timur, dan 300.000 penduduk Ukraina Selatan yang memeluk agama Islam.

Ukraina dahulu pernah berada di bawah kekuasaan pemerintahan Islam Saljuk (Mongol). Penguasa Mongol mengutus ulama bernama Baraka Khan (1208-1266) yang ditugasi menjadi arbiter di wilayah Ukraina Timur, Tengah, dan Selatan. Di bawah kendali kesultanan Saljuk, Ukraina mengalami kemajuan yang pesat. Rakyatnya makmur sebab daerah ini menjadi tempat persinggahan para pedagang yang mepewati jalir sutra.

Kemakmuran rakyat Ukraina ditunjukkan dengan berdirinya tujuh bangunan mesjid megah yang dibangun para bangsawan Mongol. Salah satunya masjid Nadi Shah yang dibangun pada 1222 di Krimea dan menjadi mesjid yertua di Ukraina. Kaisar Ghiyasuddin Khan pada abad ke-13 juga membangun mesjid terbesar se Eropa Timur bernama mesjid Khan Uzbek di Ukraina.

Begitupun tatkala kekaisaran Utsmaniyah berkuasa atas wilayah Ukraina peradaban Islam mengalami kemajuan pesat di wilayah itu. Ada banyak madrasah dan pusat pendidikan Islam yang didirikan di Ukraina, hingga ada satu kota di Ukraina yang penduduknya rata rata pernah haji sebagai simbol kematangan dan spiritualitas mereka sebagai pemeluk Islam.

Islam di Ukraina mengalami keterpurukan setelah memudarnya pengaruh kekaisaran Utsmaniyah Turki. Ukraina jatuh ke dalam kekuasaan Uni Soviet pada ke-19. Semua mesjid dan madrasah ditutup dan terakhir dijadikan musiim. Para guru agama termasuk penduduk yang menganut Islam dipindahkan ke luar dari Ukraina.

Setelah Uni Soviet bubar, banyak pemeluk Islam yang kembali ke Ukraina. Mereka mengaktifkan kembali mesjid-mesjid, madrasah-madrasah dan pusat administarai keislaman Ukraina berhaluan ahlissunah wal jamaah bermazhab Hanafi. Mereka hidup berdampingan dengan warga negara Ukraina lainnya dengan damai dan bersahaja.

Mereka juga sedang giat-giatnya menggali rekam jejak Islam masa lampau di Ukraina. Tapi entah apa yang terjadi dengan muslim Ukraina sekarang setelah ada penyerangan Rusia ke Ukraina sekarang? Mudah-mudah semua baik baik saja dalam lindungan Allah Swt. Amiin

Related Posts