Akupun Jatuh Cinta Kepada Guru Mulia KH. Hasyim Muzadi - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Kamis, Maret 21, 2019

Akupun Jatuh Cinta Kepada Guru Mulia KH. Hasyim Muzadi

fbshuniyya

Penulis: Shuniyya Ruhama
(Pengajar PPTQ Al Istiqomah Weleri-Kendal dan Murid Mbah Wali Gus Dur)


Atorcator.Com - Sosok kharismatik Guru Mulia KH Hasyim Muzadi sungguh luar biasa. Tercatat dalam ingatan ini, tidak banyak pertemuan bersama beliau di Jakarta dalam kurun 2006-2009. Namun, dari pertemuan tersebut menjadi kenangan indah yang luar biasa.

Pertemuan pertama adalah ketika hendak sowan Mbah Wali Gus Dur di Kantor PBNU. Waktu itu beliau sedang ada rapat urgent sehingga yang tidak berkepentingan tidak bisa menemui beliau. Sambil menunggu, ada tamu dari beberapa komunitas minoritas untuk berdialog dengan Guru Mulia KH Hasyim Muzadi.

Karena ada beberapa yang kenal, sayapun bergabung. Dalam pertemuan inilah, saya “jatuh cinta” dengan Guru Mulia. Beliau membuka acara dengan sangat rapi, teratur dan memberikan penjelasan dengan bahasa yang lugas, sederhana, mudah dimengerti.

Baca juga:  Menyambut Haul Pertama Dr. KH. Ahmad Hasyim Muzadi

Waktu itu saya juga diminta membantu sahabat untuk memberikan penjelasan. Beliau tampak menyimak dengan seksama dan penuh perhatian. Persis sekali dengan sikap bijaksana seorang ayah yang sedang mendengarkan curahan hati dari anak-anaknya.

Kemudian, beliau memberikan jawaban yang bijaksana sekali. Bahwa NU akan tetap mengawal keberagaman, akan merawat kebhinekaan Indonesia. Namun, tegas Guru Mulia, NU juga tetap akan memfilter segala yang bertentangan dengan ajaran Islam. Misalnya, budaya kebebasan tanpa batas yang kebablasan dan sejenis itu bukan bagian dari keberagaman.