Komitmen NU Untuk Menjaga Persaudaraan Dalam Kemanusiaan - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

27 Maret 2019

Komitmen NU Untuk Menjaga Persaudaraan Dalam Kemanusiaan


Penulis: Shuniyya Ruhama
(Pengajar PPTQ Al Istiqomah Weleri-Kendal Murid Mbah Wali Gus Dur)

Atorcator.Com - "Orang Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghuchu, dan penghayat kepercayaan lainnya memang tidak bersaudara dengan kita (Kaum Muslimin) dalam keimanan, tapi mereka bersaudara dengan kita dalam kemanusiaan. Karena itu kita dilarang berbuat jahat atas nama apapun kepada mereka semua”

Saat ini, kita sedang mendapat ujian berat dalam ukhuwah ta'aduddiyah (persaudaraan dalam keberagaman). NU sudah memiliki komitmen untuk menjaga NKRI semahal apapun harganya. Karena bagi warga NU, Garuda di dadaku, Lintang Songo di hatiku sudah final.


Belajarlah mengaji terutama kepada Ulama Kampung yang ada di sekitar kita sebelum kita belajar di luar sana. Sebab, ajaran Ahlussunnah Wal Jama'ah An Nahdliyyah menempatkan akhlak di atas ilmu. Jadi, kita tahu keseharian, perilaku dan cara bermasyarakat Ulama tersebut. Jangan pernah memakai ilmu dari orang sealim apapun dia jika masih merendahkan martabat manusia lain.

Jangan sampai anak-anak kita belajar dari sembarang orang yang kemudian malah menjadi fitnah bagi hidup kita sendiri, menjadi pemecah belah umat dan menimbulkan permusuhan bagi kesatuan bangsa dan negara ini. "

Shuniyya Ruhama
Pengajian Selapanan Muslimat NU Kec. Pedurungan Semarang