Syekh Najmuddin Kubro dan Anjing yang Menjadi Wali

Penulis: Zainul Bahri


Rabu 3 Juli 2019 01:00


Atorcator.Com – Ribut-ribut soal anjing, saya pernah denger cerita lucu ya ttg Syekh Najmuddin Kubra, seorang sufi Persia abad ke-13 Pendiri Tarikat Kubrawiyyah. Syekh Kubra ini memang seorang sufi besar Pada masanya, tetapi oleh murid2nya ia juga dianggap sebagai Waliyullah besar dan siapa saja yang ditatap lama oleh Syekh Kubra maka ia juga akan jadi Wali.

Suatu hari ketika Syekh ngajar murid2nya di tempat terbuka (mungkin di depan masjid) tiba2 datang anjing. Syekh Kubro tertarik melihat anjing yang datang ke pengajiannya. Anjing itu ditatap cukup lama. Mereka berdua saling tatap cukup lama. Setelah puas saling menatap, sang anjing lari menuju kuburan di atas bukit. Di situ ia menggonggong dan melolong panjang. Gak lama datanglah 60 anjing menggonggong dan membungkuk hormat kepada sang anjing di atas bukit.

“Anjing itu sudah jadi Wali!” kata murid-murid Syekh Najmuddin Kubra. Berita itu segera tersiar ke mana-mana. Parahnya, para murid dan orang-orang disitu percaya kalau seseorang ditatap oleh anjing itu, maka ia akan jadi Wali!….Semua orang akhirnya berebut mau menatap dan ditatap Anjing itu.

Source: bisa dibaca di sini

Related Posts